Dark/Light Mode

Radin Intan II Jadi Teladan Gerindra Terus Gigih Berjuang

Jumat, 30 September 2022 15:16 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani ziarah ke makam pahlawan Radin Intan II di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Kamis (29/9). (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani ziarah ke makam pahlawan Radin Intan II di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Kamis (29/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani melakukan ziarah ke makam pahlawan Radin Intan II di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Kamis (29/9). Ziarah ini, merupakan bagian kegiatan reses guna menyerap aspirasi rakyat yang diwakilinya di Dapil Lampung I.

Dalam kujungannya, Muzani mengatakan bangsa Indonesia menjadi kuat seperti saat ini berkat jasa-jasa para pahlawan seperti Raden Intan II. Salah satunya adalah dengan menanggalkan segala kemewahannya hanya untuk berjuang membela rakyat dari penjajahan Belanda pada saat itu.

"Kisah Raden Intan II 1834-1856 menjadi teladan bagi Partai Gerindra untuk terus memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia," ujar Muzani melalui keterangan tertulisnya kepada RM.id, Jumat (30/9).

Baca juga : Santri Dan Ulama Menyatu Dengan Relawan Ganjar Pranowo Di Ponpes Islamiyah Cijangkar

Wakil Ketua MPR ini menceritakan, semangat juang Raden Intan II melawan penjajah telah dilakukan jauh sebelum Indonesia merdeka. Semangat yang sama juga ditunjukkan pahlawan bangsa seperti Sultan Hasanudin dari Makasar, Sultan Ageng Tirtayasa dari Banten, Teuku Umar dari Aceh, Imam Bonjol dari Sumatera Barat, hingga Pangeran Diponegoro dari Jawa.

Harapannya, ziarah dirinya ke rumah besar Raden Intan II bisa menjadi penyemangat Partai Gerindra untuk terus berjuang bagi rakyat Indonesia.

"Kita harus melanjutkan cita-cita perjuangan mereka. Karena sesungguhnya berjuang untuk kebenaran, berjuang melawan kebatilan, dan berjuang untuk rakyat yang lemah adalah sesuatu hal yang mulia," ungkapnya.

Baca juga : Hasil UEFA Nations League: Belanda-Kroasia Tembus 4 Besar

Baginya, Partai Gerindra harus menjadi alat perjuangan untuk melindungi orang-orang yang lemah, orang yang terpinggirkan, terzalimi, dan termarjinalkan. Itu sebabnya, di setiap acara-acara partai selalu menampilkan gambar wajah para pahlawan bangsa Indonesia.

Di kegiatan ini, Muzani didampingi oleh Ketua DPD Gerindra Lampung, Rahmat Mirjani Djausal dan Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kusuma Dewangsa. Vokalis Gerindra di Senayan ini sempat diberikan wejangan singkat tentang perjuangan Radin Intan II oleh perwakilan keluarga yakni Budiman, selaku Abdi Dalam Kusuma Ratu, salah satu keturunan Radin Intan II.

Radin Intan II, merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Lampung. Namanya telah diabadikan sebagai nama Bandar Udara Raden Intan II di Provinsi Lampung. Dia lahir di desa Kuripan, yang sekarang dikenal sebagai Lampung pada tahun 1834.

Baca juga : Gerindra Ketiban Untung

Radin Intan II merupakan keturunan darah biru yang bersaudara dengan kerajaan Banten. Raden Intan termasuk seorang penentang Belanda yang saat itu menjajah bangsa Indonesia.

Radin Intan II tidak menghendaki adanya kolonialisme di bumi pertiwi. Dia dikenal sebagai pemimpin sekaligus panglima perang yang tak hanya memiliki fisik yang kuat, namun juga pemikiran yang cemerlang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.