Dark/Light Mode

Jalan Bareng Di Monas

Puan Dan Airlangga Sepakat Bangun Bangsa Bersama, Tapi Belum Tentu Bersanding

Sabtu, 8 Oktober 2022 12:41 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat jalan santai di Monas, Sabtu (8/10). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat jalan santai di Monas, Sabtu (8/10). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) semakin menarik setelah partai Golkar kedatangan tamu PDIP. Keduanya sepakat untuk bersama-sama berupaya membangun bangsa dan negara Indonesia.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan banyak kesamaan antara partainya dengan Golkar. Khususnya, ihwal kiprah Banteng dan Beringin dalam mengarungi kancah perpolitikan Tanah Air.

"Sebagai partai yang nasionalis, yang sama-sama sudah mengarungi asam garam, pasang surut, serta dinamika bangsa serta negara, kami memahami dan menyepakati bahwa kami harus bisa bersama-sama dalam membangun bangsa dan negara," kata Puan usai bertemu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Monas, Jakarta, Sabtu (8/10).

Baca juga : Kasus Gagal Bayar KSP Sejahtera Bersama Rp 249M, Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka

Menurut Ketua DPR itu, baik PDIP maupun Golkar, memang harus berupaya membangun bangsa dan negara, terutama di tengah situasi ekonomi yang belum kondusif pascapandemi Covid-19.

Ia pun menilai, sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga tentunya memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk bisa menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Tentu, (stabilitas ekonomi) akan sangat tidak kondusif kalau kami tidak bisa menyamakan persepsi, karena yang paling penting itu bukan hanya saat terjadinya perhelatan Pemilu 2024, namun juga pascaperhelatan Pemilu 2024," ujar Puan.

Baca juga : Anies Bangun Saringan Di Perbatasan Ibu Kota

Dia menambahkan, PDIP dan Golkar perlu memastikan situasi pascaperhelatan Pemilu 2024 menjadi lebih kondusif, baik, dan tidak ada rakyat yang dirugikan. Pemilu 2024, kata Puan, diharapkan menjadi pesta demokrasi yang aman, nyaman, dan tertib.

"Kemudian, (perlu juga) menjaga persatuan dan kesatuan," tutur putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini. 

Selain bersepakat mengupayakan pembangunan bangsa, Puan juga menyampaikan bahwa melalui pertemuannya dengan Airlangga, PDIP dan Golkar menyepakati untuk memahami pemilihan waktu untuk bertanding dan bersanding.

Baca juga : Pengamat: Prabowo-Imin Makin Mesra, Tapi Belum Tentu Berjodoh

"Kami menyepakati bahwa harus paham kapan waktunya bertanding dan kapan waktunya bersanding, karena semata-mata itu adalah untuk kesejahteraan rakyat Indonesia dan bangsa dan negara," tandasnya. 

Dalam kesempatan itu, Puan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dari keluarga besar Golkar atas kehadirannya bersama beberapa elite PDIP. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.