Dark/Light Mode

Pede Punya Modal Bagus

Demokrat Kepengen Duet Anies-AHY Jadi Kenyataan

Senin, 17 Oktober 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anies Baswedan. (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anies Baswedan. (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dianggap sebagai sosok yang bisa menjadi kunci kemenangan di Pilpres 2024. Popularitas dan loyalitas kader partainya di Pulau Jawa, dianggap menjadi daya tawar tinggi untuk sebuah koalisi.

“Tentunya, AHY bisa menjadi kunci kemenangan di Pilpres 2024. Seandainya Ketum kami menjadi Cawapres, bisa mengangkat elektabilitas Capres, terutama di Pulau Jawa,” ujar Ketum Barisan Militan Demokrat (BMD) Tommy Rusihan Arief, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Relawan Beta Suka AA Di Ambon Deklarasi Dukung Duet Anies-AHY

Menurutnya, suara Partai Demokrat di Pulau Jawa cukup baik. Pada Pemilu 2019, di Banten meraih 553.391 suara, Jawa Barat 1.830.565 suara, Jawa Tengah 1.132.420 suara, Yogyakarta 62,708 suara, dan Jawa Timur paling besar, mencapai 1.841.145 suara.

Jumlah suara itu, kata Tommy bisa berlipat ganda, karena kondisi Partai Demokrat saat ini dalam kondisi prima. Para kader, bahkan simpatisan, bulat mendukung AHYmenjadi jagoannya di Pilpres 2024. Seandainya itu terealisasi, tidak hanya Demokrat, Capres yang akan didampingi AHY, dan par­pol koalisi yang mengusungnya akan mendapat keuntungan besar.

Baca juga : Men PUPR Bakal Bangun Monumen Mengenang Tragedi Kanjuruhan

Tommy berharap, dua partai yang saat ini tengah dekat dengan Demokrat yaitu Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berkenan memajukan AHY. Dia berharap, wacana duet Anies-AHY untuk Pilpres 2024 bisa menjadi kenyataan.

Hal senada diungkapkan Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Dia bilangduet Anies-AHY saling melengkapi. Anies dianggap bisa me­nambal suara di DKI Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga : Ketua MPR Ajak Ormas Tanamkan Nilai Kebangsaan

“Keduanya memiliki basis dukungan yang kuat. Jadi benar-benar pasangan ini saling menguatkan,” ujar Kamhar kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.