Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banyak Yang Nyodorin Calon Menteri

Jokowi: Saya Tak Terbebani

Senin, 29 Juli 2019 07:35 WIB
Jokowi beserta Jan Ethes dan Gibran makan siang di Ayam Goreng Mbah Karto, di Sukoharjo, akhir pekan kemarin. (Foto: Twitter@jokowi).
Jokowi beserta Jan Ethes dan Gibran makan siang di Ayam Goreng Mbah Karto, di Sukoharjo, akhir pekan kemarin. (Foto: Twitter@jokowi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi masih meracik calon menteri yang akan mengisi Kabinet Kerja Jilid II. Jokowi mengakui banyak nama-nama yang sudah disodorkan ke dirinya.

Jokowi tidak terbebani sedikit pun. Jokowi justru senang dan tetap kalem. Jokowi mengisi libur akhir pekan kemarin dengan pulang ke kampung halamannya, di Solo.

Selama 2 hari di sana, Jokowi banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Sabtu malam, Jokowi mengajak Ibu Iriana dan Jan Ethes, jalan-jalan ke Mal Solo Paragon.

Kemarin siang, Jokowi dan keluarga mengajak para jurnalis di Solo Raya makan siang bareng di Rumah Makan Mbah Karto, Sukoharjo. Usai acara, Jokowi melayani pertanyaan awak media.

Baca juga : Soal Menteri, Ahok Nyadar Sudah Tamat

Mulai dari 2 anak laki-lakinya yang digadang-gadang jadi Cawalkot Solo, hingga soal pembentukan kabinet. Soal pembentukan kabinet, sudah mulai ada perkembangan yang disampaikan.

Jokowi mengawali jawabannya dengan kembali mengungkapkan keinginan mengisi Kabinet Kerja Jilid II nanti dengan tenaga muda-muda. Tujuannya, tak lain untuk merespons perkembangan zaman yang kian cepat dan energik.

“Sudah sering saya sampaikan, akan banyak warna yang muda-muda. Sekali lagi perkembangan yang dinamis harus direspons secara cepat,” kata Jokowi.

Sudah selesaikah? Jokowi mengakui, belum selesai. Kata dia, saat ini masih tahap mengumpulkan nama-nama calon menteri. Ia mengaku sudah menerima banyak nama calon menteri yang disodorkan kepadanya.

Baca juga : Hanya Erick Yang Gak Ngiler Kursi Menteri

Jokowi tidak merasa terbebani dengan itu. Baginya, semakin banyak nama yang masuk, semakin baik. Sebab, makin banyak alternatif yang bakal dipilih menjadi menteri.

“Semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan, memilihnya akan menjadi semakin mudah,” ucapnya. Para wartawan sempat bertanya soal perampingan kabinet.

Jokowi menjawab, belum kepikiran melakukan hal itu. Pembahasan saat ini masih seputar nama-nama calon menteri yang diusulkan. Ini adalah kali kesekian Jokowi bicara soal pembentukan kabinet.

Jokowi pertama kali bicara soal kabinet pada medio Juli lalu. Saat itu, ia mengakui sudah menyusun formasi kabinet periode 2019-2024.

Baca juga : Tak Pikirkan Posisi Menteri, Erick Thohir: Masih Banyak yang Berjasa dan Berkeringat

Hanya saja, siapa nama menterinya, Jokowi belum mau bicara secara rinci. Yang pasti, kabinetnya akan diisi dari kala ngan profesional dan partai koalisi. Perbandingannya 60:40 atau 50:50.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.