Dark/Light Mode

Demokrat Ada Di Papan Atas

AHY: Sekjen Mentor Saya!

Senin, 31 Oktober 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya. (Foto: Instagram)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menilai, mesin partai yang kini dipimpinnya berjalan baik. Partai ini pun kini bertengger di papan atas bursa parpol 2024.

Menurut AHY, suksesi ini tidak bisa lepas dari skuad par­tai, termasuk peranan Sekretaris Jenderal. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya dipuji langsung oleh AHY melalui jejaring Twitter miliknya, @AgusYudhoyono, kemarin. Katanya, Sang Sekjen tidak hanya sebagai partner, tapi juga mentornya dalam berpolitik.

“Dalam sebuah kepemimpi­nan, selalu dibutuhkan sahabat yang selalu mendampingi. Sekjen adalah teman diskusi, partner ju­ga mentor saya dalam berpolitik. Senang bisa saling menguatkan dalam menjalankan organisasi Partai Demokrat,” ujar AHY.

Baca juga : Ganjar Pranowo Festival #4 Berlangsung Meriah

Suami Anisa Pohan itu berharap kemesraan kepemimpinan ini tidak berakhir. Kepada warganet, AHY meminta doa agar bisa selalu kompak dengan Sekjennya dalam membesarkan Demokrat. “Mohon doanya agar kita selalu kompak, membawa Demokrat maju ke depan,” katanya.

Gayung bersambut. Dipuji Ketum, Riefky justru semakin membumi. Vokalis Demokrat di Senayan ini juga mengaku semakin kuat dan bangga ketika berjuang di bawah komando Ketum AHY. Diyakininya, Demokrat semakin bersinar di masa mendatang.

“Alhamdulillah, terima kasih Mas Ketum Agus Yudhoyono. Kami dan para kader Demokrat se-Nusantara juga merasa ter­hormat dan bangga diberikan kesempatan untuk berjuang ber­sama Mas Ketum menuju masa depan Partai Demokrat yang Insya Allah semakin gemilang dan semakin bermanfaat bagi nusa bangsa,” ujar Teuku di akun miliknya, @teukuriefky_1.

Baca juga : Doli Yakin Indonesia Timur Semakin Menguning

Pengakuan AHY terhadap sosok Riefky ini memang sangat beralasan. Riefky sudah banyak makan “asam garam” di politik. Bergabung di Partai Demokrat sejak 21 tahun yang lalu, Riefky pernah menjabat sebagai wakil Ketua DPC Partai Demokrat di Jakarta Pusat. Di usia 33 tahun, Riefky sudah jadi Anggota DPR RI dari Dapil Aceh I.

Riefky yang kini berusia 50 tahun, selama 4 Periode di DPR RI pernah mengemban berbagai tugas meliputi; Ketua Komisi VII, Sekertaris Fraksi saat Demokrat memiliki 148 Anggota DPR RI, Ketua Komisi X, Wakil Ketua Badan Anggaran dankini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I.

Untuk diketahui, duet kepe­mimpinan AHY-Riefky ini ter­bukti bertahan atas berbagai badai yang menimpa Partai Demokrat. Di antaranya, menang atas gejolak Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang.

Baca juga : Pemeriksaan Tersangka Di Lapangan Tak Dikenal Dalam Budaya Papua

Partai Demokrat juga saat ini moncer di survei elektabilitas parpol sekalipun mengambil ja­lan terjal sebagai partai oposisi. Dalam survei Litbang Kompas terkini pada Awal Oktober 2022 dengan 1.200 responden lalu, menempatkan Partai Demokrat sebagai parpol papan atas uru­tan ke 3 dengan elektabilitas 14,0%, setelah PDIP 21,1% dan Gerindra 16,2%. Demokrat juga jauh melampaui Golkar 7,9 %, PKS 6,3%, PKB 5,6%, Nasdem 4,3% dan lainnya, dibawah 4% alias potensi tidak lolos par­lementary treshold.

Sementara, dalam survey Polmatrix Indonesia yang dirilis Sabtu (29/10) lalu dengan 2.000 responden, menempatkan Partai Demokrat pada urutan ke 2 dengan elektabilitas 11,3 persen, dibawah PDIP 18,5%. Demokrat juga menggeser posisi Partai lainnya seperti Gerindra 10,8%, Golkar 8%, PKB 7,7% dan PKS 4,7% dan partai lainnya dibawah 4%. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.