Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kebersamaan Adalah Kunci

Airlangga: Tak Satu Pun Parpol Yang Bisa Menang Pemilu Sendiri

Rabu, 23 November 2022 09:12 WIB
Ketua Umum Partai Golkar/Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram)
Ketua Umum Partai Golkar/Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada benang merah antara pertemuan internasional yang diikuti oleh Indonesia dan Pemilu 2024, yang akan dihadapi Partai Golkar.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, kesuksesan Indonesia di beberapa pertemuan penting internasional adalah kebersamaan.

Menurutnya, selain sukses besar dan mendapatkan apresiasi di KTT G20, Indonesia juga banyak dipuji karena berhasil menyatukan semua pihak dalam sebuah kebersamaan.

“Indonesia banyak menentukan dalam perubahan dunia ke depan, karena KTT G20 lalu berhasil mengeluarkan deklarasi bersama, yang diterima oleh semua pihak,” kata Airlangga, dalam arahannya di penutupan Rakornas MPO DPP Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (22/11).

Dia juga menggambarkan, di KTT APEC, semua negara juga menengok ke Indonesia untuk pembentukan deklarasi. Indonesia pun menawarkan referensi hasil deklarasi G20.

“Akhirnya, di menit terakhir semua anggota APEC, lewat kebersamaan, bisa menerima deklarasi dan pasal-pasal di G20,” kata Airlangga.

Baca juga : Airlangga Klaim Partai Golkar Paling Siap Hadapi Pemilu 2024

“Indonesia set the tone, Indonesia menentukan dalam perubahan politik global ke depan. Ini mendapat apresiasi dari berbagai negara. Ini luar biasa,” tandasnya.

Airlangga juga menyampaikan,  Pemilu 2024 memiliki arti penting bagi Golkar.

Dia bilang, ada benang merah dan garis besar antara KTT ASEAN, G20 dan APEC dan Pemilu 2024.

“Garis besarnya adalah kebersamaan atau togetherness. Inilah yang membangun adalah kepemimpinan Indonesia,” kata Airlangga.

Menurutnya, Pemilu 2024 pun sama. Pemilu bukan tujuan akhir. Tujuan akhir Golkar adalah mensejahterakan rakyat.

Dia mengingatkan, bahwa tidak ada satu pun parpol di Indonesia, yang bisa menang pemilu sendiri.

Baca juga : Jadi Satu-satunya Negara Yang Tembus G20, APEC, Dan ASEAN, Posisi RI Makin Strategis

"Siapa pun yang menang, masih minoritas. Karena hari ini, tidak ada parpol yang bisa menang 50 persen. Oleh karena itu, Golkar sejak awal membentuk koalisi dalam sebuah kebersamaan, agar bisa menang pemilu dan menang di pemerintahan,” beber Airlangga.

Dari pengalaman perjalanan parpol selama ini, Airlangga menggambarkan, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik. Mengenai betapa pentingnya membentuk koalisi partai politik dan kebersamaan.

Berkaca dari Pemilu di Malaysia, Airlangga menyatakan, menang Pemilu bukan berarti memenangkan pemerintahan.

Airlangga menegaskan, yang paling penting adalah bagaimana parpol membentuk koalisi pemerintahan yang efektif. Serta membuat program bisa berjalan efektif di masyarakat.

“Itu adalah tujuan partai Golkar,” ucap Airlangga.

Airlangga juga mengingatkan kadernya, untuk bekerja sama memenangkan partai dan setiap kader, untuk tidak baku tikam satu sama lain.

Baca juga : Menkes Panggil Anak Bangsa Mengabdi Di Negeri Sendiri

Kebersamaan, seperti halnya di G20 kembali menjadi kunci di sini.

“Ini menjadi catatan bagi MPO di seluruh Indonesia, bahwa kita tidak boleh diadu domba. Apalagi, diadu internal. Yang penting bagi kita, adalah masyarakat berempati kepada Partai Golkar. Dengan empati itulah, kita akan memenangkan Pemilu,” tutur Airlangga.

Airlangga menegaskan, jika target Partai Golkar di Pemilu mendatang adalah kemenangan minimal 20 persen atau 115 kursi.

“Namun untuk memenangkan Pilpres, kita butuh lebih dari 50 persen suara. Ini artinya kita harus berkoalisi. Kita harus menarik partai lain, untuk mendukung capres Golkar. Sehingga, kita bisa menang lebih dari 50 persen,” papar Airlangga.

Tak lupa Airlangga membuat pantun untuk MPO, dalam penutupan Rakornas 2022.

"Ke Kulonprogo naik dokar, MPO Go menangkan Golkar. Ikan hiu dibawa ke Dempo, I Love MPO," tandas Airlangga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.