Dark/Light Mode

Ganjar Teratas, Elektabilitas Anies Naik Setelah Dicapreskan, Prabowo Anjlok

Kamis, 1 Desember 2022 19:01 WIB
Ganjar Teratas, Elektabilitas Anies Naik Setelah Dicapreskan, Prabowo Anjlok

 Sebelumnya 
Jika tingkat popularitas di antara tiga nama besar sudah berimbang, dukungan terhadap Ganjar dipastikan menjadi semakin dominan. Basis Anies, tidak berubah. Sedangkan Prabowo, menjadi sangat tertekan.

Jika Ganjar makin populer, dukungannya akan semakin tinggi. Efek ini tampaknya tidak akan berpengaruh terhadap basis Anies, tetapi menekan basis Prabowo.

"Kemungkinan, Prabowo akan semakin tertekan sebagai dampak kerja sosialisasi Anies dan Ganjar, sebagai dua pesaing utamanya," tandas Burhanuddin.

Baca juga : SMRC: Pasca Deklarasi Anies, Elektabilitas Ganjar Pranowo Bertahan Di Puncak

Survei yang dijalankan dalam periode 30 Oktober - 5 November dengan metode wawancara tatap muka ini, menarik sampel dengan menggunakan metode multistage random sampling dan melibatkan 1.220 orang.

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Pasca Deklarasi Anies, Elektabilitas Ganjar Masih Moncer Di Puncak

Quality control terhadap hasil wawancara, dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

Dalam quality control, tidak ditemukan kesalahan berarti. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.