Dark/Light Mode

Mau Rebut Kursi DPRD Surabaya

Banteng Siapkan Ratusan Bacaleg

Minggu, 11 Desember 2022 07:45 WIB
Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono. (Foto: Istimewa)
Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Surabaya mengklaim telah mengantongi ratusan bakal calon anggota legislatif (caleg) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Bahkan, bakal caleg tersebut telah mengikuti psikotes di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan,102 kader telah mendaftar bakal caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya.

Menurut dia, para pendaftar berasal dari beragam latar be­lakang, yakni mantan birokrat, profesional, tokoh pemuda, hingga mahasiswa.

Adi menyebut, para pelamar itu telah menjalani psikotes, menunggu tahapan selanjutnya, yakni penyaringan melalui me­kanisme partai.

Baca juga : Ratusan Santri dan Ulama Banten Siap Kawal Ganjar Pranowo Sampai Jadi Presiden

Bagi yang lolos penyaringan, mereka akan mendapatkan persetujuan dan penetapan dari DPP PDIP, kemudian didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Besarnya animo menjadi calegdari PDIP, menandakan bahwa kami dipercaya oleh masyarakat. Modal ini semakin meyakinkan kami untuk merebut banyak kursi di Pileg 2024,” ujarnya di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), kemarin.

Lebih lanjut, pihaknya me­nargetkan 20 kursi Dewan pada gelaran Pileg mendatang. Saat ini, Fraksi PDIP di DPRDKota Surabaya memiliki 15 kursi Dewan, sehingga memasang target minimal meningkat lima kursi dari gelaran pesta demokrasi sebelumnya.

Seiring dengan proses penyaringan bakal caleg, pihaknya juga mulai melakukan pena­taan saksi melalui Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP Kota Surabaya.

Baca juga : Persib Vs Persebaya, Maung Bandung Siap Cape

Selain itu, DPC PDIP juga terus menambah jumlah kader, dengan mencetak Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Saat ini, kami sudah hampir menyentuh 40 ribu kader yang memiliki KTA PDIP. Selain itu, kami juga telah memiliki 7.500 pengurus,” katanya.

Pada gelaran pesta demokrasi mendatang, dia memastikan,seluruh kader PDIP Kota Surabaya akan bergerak secara berkesinambungan untuk melakukan pengabdian di tengah masyarakat. Mereka akan mem­berikan berbagai pelayana ke­pada masyarakat yang membu­tuhkan, serta terus bekerja untuk kemajuan Kota Surabaya.

“Para kader PDIP harus hadir di tengah masyarakat. Harus berusaha memecahkan persoalan di masyarakat dengan cara gotong royong,” tegasnya.

Baca juga : Mahfud: Teroris Musuh Kemanusiaan, Bukan Pejuang Agama

Terpisah, Anggota KPU Kota Surabaya Soeprayitno mengatakan, pihaknya telah mengusul­kan adanya perubahan komposisi kecamatan di daerah pemilihan (dapil) IV dan V, pada gelaran Pemilu mendatang. Sebab, se­lama ini dapil V mencakup 9 ke­camatan, menjadi dapil dengan kecamatan terbanyak dibanding dapil lain di Surabaya.

Sementara, dapil IV hanya mencakup 5 kecamatan, seh­ingga satu kecamatan yang ada di dapil V diusulkan akan berpindah ke dapil IV.

“Harapannya, semakin banyak anggota DPRD yang terpilih dari sebuah dapil, semakin besar dampak program yang diberi­kan,” jelas Soeprayitno. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.