Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Workshop Kampanye Digital

NasDem Sumut Rapihkan

Kamis, 22 Desember 2022 07:45 WIB
Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sumut, Iskandar ST. (Foto: Istimewa)
Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sumut, Iskandar ST. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Strategi Perang Udaran Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai menyiapkan strategi perang udara, demi memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kemarin, mereka menggelar workshop tentang kampanye digital.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sumut, Iskandar ST mengatakan, workshop bertajuk “Kampanye Digital dan Door To Door”, diikuti oleh 250 kader Partai NasDem dari masing-masing DPC atau pengurus tingkat Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sumut. Menurutnya, kampanye digital akan dilakukan beriringan dengan kampanye lapangan.

“Kampanye digital kami laku­kan, tapi kampanye konvensional juga tetap kami lakukan. Misalnya, memasang umbul-umbul dan memasang spanduk. Jadi, kami menyerang dari darat dan udara,” ujar Iskandar di Medan, Sumut, kemarin.

Baca juga : NasDem Kudu Rajin Bermanuver Politik

Dalam pelatihan kampanye secara digital, sambung dia, pihaknya mengundang kader par­tai dari generasi milenial dan gen Z. Sebab, jelas dia, jumlah pemi­lih pada kontestasi demokrasi mendatang akan didominasi oleh generasi muda.

“Kader-kader muda Partai NasDem diharap dapat menjadi salah ‘petugas pemambang suara’. Kegiatan ini sangat penting, karenakita mengetahui bahwa pengguna media sosial jumlahnya sama dengan daftar pemilih tetap yaitu sekitar 200 juta. Selain itu, 60 persen pemilih ke depan merupakam milenial dan generasi Z, yang rentang usianya antara 17 sampai 39 tahun,” jelas dia.

Lebih lanjut, Iskandar menga­takan, workshop tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Partai NasDem dalam melakukan sosialisasi atau kampanye secara digital. Selain melatih kader tentang tata cara kampanye digital yang sesuai aturan, pihaknya juga menekankan tata cara kampanye yang menjunjungetika dan menghindari isu yang bisa bersentuhan dengan hukum.

Baca juga : Haram, Kampanye Di Tempat Ibadah

“Kami bersyukur, kegiatan ini didukung oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP), bahkan mereka menjadi narasumber. Semuanya hadir, sehingga mulai besok ka­mi sudah bisa mulai bergerak,” pungkasnya.

Terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai NasDem, Jakfar Sidiq mengakumenyambut baik acara workshop yang digelar DPW Partai NasDem Provinsi Sumut. Menurut dia, kegiatan tersebut sesuai dengan dua tugas partai politik, yakni melakukan pendidikan politik dan sirkulasi kekuasaan.

Ia berharap, melalui serangan udara yang dilakukan itu, Partai NasDem mampu meyakinkan publik dan memberikan opini positif. “Pemilih menentukan pilihan kepada Partai Nasdem. Itulah yang kita sebut sebagai sirkulasi kekuasaan. Hal itu di­lakukan tanpa black campaign, hoaks, dan polarisasi,” jelas dia

Baca juga : Penguasaan Literasi Digital Tak Bisa Ditawar Lagi

Diketahui, Partai NasDem Provinsi Sumut memasang target tinggi di Pemilu 2024. Rinciannya, mereka menargetkan tujuh kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), 20 kursi ang­gota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara, serta sebanyak 173 anggota DPRD tingkat Kabupaten dan Kota. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.