Dark/Light Mode

HUT PDIP Ke-50, Mega Perkenalkan Kader Salam Pancasila

Selasa, 10 Januari 2023 11:50 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati saat pidato di Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Ke-50 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1). (Foto: Putu/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati saat pidato di Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Ke-50 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1). (Foto: Putu/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengenalkan salam baru untuk diikuti oleh seluruh kadernya. Salam itu, dikenalkan dalam pembukaan sambutannya pada acara HUT Ke-50 PDIP di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (10/1).

"Saya minta semua berdiri, saya ajari ada salam baru, selain Merdeka, Merdeka, Merdeka. Jadi, bagi mereka yang PDI Perjuangan saya minta untuk berdiri," ujar Megawati.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu lalu berkelakar mengenai kader PDIP yang harus berdiri.

Baca juga : HUT PDIP Ke 50 Dimeriahkan Aksi Penerjunan Satgas Cakra Buana

"Kalau merasa tamu, tak usah berdiri, tetapi kalau sudah bounding sama PDI Perjuangan… Tahu, lho, yang mau masuk PDI Perjuangan sekarang seabrek-abrek," kata Megawati disambut tawa dan tepuk tangan para kadernya.

Megawati lalu mendiktekan salam Pancasila. Dia meminta kadernya itu ketika ia mengucapkan Salam Pancasila, maka yang lainnya menyambut dengan teriakan Merdeka sebanyak tiga kali.

"Salam Pancasila," kata Megawati. "Merdeka, Merdeka, Merdeka," teriak para kader PDI Perjuangan menyambut.

Baca juga : PDIP Ingin Stop Pertarungan Sesama Kader Partai

Di kesempatan ini, Megawati menyampaikan dirinya mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin dua badan, di mana salah satunya sangat penting.

Yaitu, menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Oleh karena itu, salam baru ini, menurut Megawati, sangat penting.

Dalam acara itu, hadir juga sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, yakni Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga : Gelar RUPS, Bank Mayora Perkenalkan Manajemen Baru

Selain itu, ada juga Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.