Dark/Light Mode

Biar Hattrick

Mega: Ayo Nginep Di Rumahnya Wong Cilik

Rabu, 11 Januari 2023 08:00 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati saat pidato di Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Ke-50 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1). (Foto: Putu/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati saat pidato di Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Ke-50 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1). (Foto: Putu/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Mega bercerita, Menpan-RB Azwar Anas saat masih menjabat Bupati Banyuwangi, pernah langsung dimintanya turun ke akar rumput. Sebab, Banyuwangi sebelum Anas menjabat, tak ada perubahan signifikan.

“Anas, mbok ya kamu ndelok (lihat). Dari aku kecil sampai tuek (tua), kalau aku nyeberang dari Banyuwangi ke Bali, itu pantai padahal bagus, tapi kok enggak dibuat apa-apa,” tuturnya.

Mega pun memuji jerih payah Anas yang mau turun dan hasil­nya mampu mempercantik daerahnya. Tak hanya Anas, sam­bung Mega, istrinya juga mau turun ke desa-desa.

Baca juga : Lestari Ajak Hapus Kekerasan Perempuan Di Ruang Politik

“Mbok ya kalian kader gitu lho. Nginap di desa-desa. Jangan magrok-magrok wae (berdiam diri saja). Yang diperlukan adalah sehati, genggam erat persatuan sesuai tema. Harus bonding antara kader dan rakyat, terus gotong royong,” pesannya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan, Sudin mengapresiasi pidato Megawati yang meminta agar kader meniru gaya politik Jokowi yang rajin blusukan. Baginya, ini sudah menjadi cara juang partai menangkap aspirasi rakyat.

“Itu memang perintah DPP, harus turun ke rakyat mem­bangun dari desa,” ujar Sudin, ditemui Rakyat Merdeka di sela acara peringatan HUT PDI Perjuangan ke-50, kemarin.

Baca juga : Lestari Harap Makin Banyak Perempuan Berkiprah Di Ruang Publik

Dia mengamini, blusukan para kader ini menjadi pembeda dengan partai lain. Buktinya, Banteng juara Pemilu 2014 dan 2019. Dia berharap, Pemilu 2024, PDI Perjuangan kembali menjadi juara.

Dalam urusan pendekatan ke basis massa, Sudin mengungkapkan strateginya di Lampung. Dia dan jajarannya menyapa ke berbagai komunitas, tidak hanya di desa-desa, juga menyentuh kaum milenial dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

Berbagai ormas terjalin komunikasi dengan baik seperti dengan Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, hingga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Dia dan jajarannya juga rajin turun ke sekolah-sekolah, hingga kampus. “Alhamdulillah, PDI Perjuangan menjadi pemenang 2019. Insya Allah 2024 juga demikian,” pungkas Ketua Komisi IV DPR ini. ■FAQ/BSH

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.