Dark/Light Mode

Buntut Gerindra Masuk Pemerintah

Sang Alang Pindah Ke Partai Demokrat

Minggu, 15 Januari 2023 07:40 WIB
R Mardi Hardjono. (Foto: Istimewa)
R Mardi Hardjono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat meng­klaim, komitmen Perubahan dan Perbaikan untuk 2024 diterima semua kalangan. Salah satu buktinya adalah bergabungnya petinggi partai lain ke barisan partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini.

Teranyar, R Mardi Hardjono atau Sang Alang, aktivis dan musisi pencipta lagu 2019 Ganti Presiden ini pun hijrah, dari Partai Gerindra ke Partai Demokrat.

Mantan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra ini mengaku tak bisa bertahan karena partainya Prabowo Subianto memilih masuk ke gerbong pemerintahan. Dia bergabung ke Partai Demokrat, alasannya karena partai Bintang Mercy ini di barisan oposisi.

“Kami berterima kasih. Pintu Partai Demokrat ter­buka selebar-lebarnya untuk para pejuang demokrasi, khu­susnya Sang Alang. Semoga menambah kekuatan bagi Demokrat untuk menjemput kemenangan 2024,” ungkap Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Titik!

Dijelaskan, perjalanan Partai Demokrat selama hampir 10 tahun di luar pemerintahan menunjukkan konsistensi par­tai dalam mengawal demokra­si. Termasuk, menunjukkan komitmennya pada kebebasan berpendapat dan melindungi hak-hak rakyat.

Kenapa Demokrat memikat bagi kader eksternal, kata dia, karena peran partai ini sebagai oposisi selama ini dijalankan bukan asal beda. Melainkan, menjaga agar kebijakan negara berpihak kepada rakyat.

“Kami mendapatkan penjelasan Sang Alang berpandangan demikian sehingga yang bersangkutan memutuskan untuk bergabung dengan Partai Demokrat. Insya Allah semakin banyak yang akan bergabung dengan Partai Demokrat di arus perubahan ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Sang Alang mengungkapkan alasan dirinya keluar dari Gerindra dan ber­gabung ke Demokrat. Kata dia, jiwanya adalah oposisi. Dia ingin mengubah Indonesia ke arah lebih baik lewat kritik-kritiknya terhadap pemerintah. Sementara saat ini, Gerindra masuk ke gerbong pemerin­tahan Joko Widodo.

Baca juga : Pemerintah Gercep Atasi Keluh Kesah Dunia Usaha

“Yang jelas sejak saya terjun ke politik alamiah saja. Saya punya hobi musik. Lirik lagu saya mengkritisi kebijakan. Nah, apa jadinya kalau tetap di Gerindra yang sudah masuk sebagai penentu kebijakan. Sedang jiwa saya selalu ber­suara apa yang jadi masalah di masyarakat,” tuturnya.

Dia mengaku tak enak hati jika tetap bersama Gerindra. Sang Alang juga telah menga­jukan surat pengunduran diri sebagai kader Partai Gerindra ke DPP.

Dia pun berencana maju sebagai calon anggota legis­latif (Caleg) Partai Demokrat dari daerah pemilihan DI Yogyakarta. Alasannya, ada kedekatan historis dengan Yogyakarta. Sang ayah berasal dari provinsi ini. “Saya pernah dibesarkan di sana 15 tahun,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman belum mengecek surat pengunduran diri Sang Alang. Namun pada intinya, Partai Gerindra jelas tak mempermasalahkan pengunduran diri ini.

Baca juga : Bunga Zainal, Fans Mengenang Kisah Raffi Ahmad

Dia pun mengapresiasi Sang Alang. Sebab, sudah seharus­nya kader mengundurkan diri baik-baik jika tidak sudah tak satu suara dengan kebijakan partai. “Kalau tidak sepakat dengan kebijakan partai ya monggo berhenti baik-baik. Buat surat pengunduran diri seperti Sang Alang ini. Artinya kalau memang benar demikian adanya ya nggak ada masalah mundur,” katanya.

Ditegaskannya, fenomena orang pindah partai apalagi jelang pemilu adalah biasa sa­ja. “Mungkin ada yang keluar. Tetapi tentu lebih banyak yang masuk ke Partai Gerindra,” ujar Habiburokhman. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.