Dark/Light Mode

Dicuekin Di HUT PDIP

Nasib Pencapresan Ganjar Jadi Luntang-lantung Nih...

Minggu, 15 Januari 2023 05:12 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto : Antara)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar yang digadang-gadang bakal menjadi capres, justru dicuekin saat acara HUT ke-50 PDI Perjuangan lalu. Namun, relawan Ganjar masih yakin, Gubernur Jawa Tengah itu tetap bakal jadi pilihan Megawati.

Presidium Kongres Rakyat Nasional (KORNAS) Sutrisno Pangaribuan mengakui bahwa Ganjar tidak diperlakukan istimewa saat Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan ke-50, Selasa (10/1). Mulai dari posisi duduk hingga tidak diberi nasi tumpeng.

“Meskipun tidak mendapatkan perlakuan istimewa di acara HUT ke-50 PDI Perjuangan, sinyal untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024 PDI Perjuangan makin menguat,” ujar Sutrisno, kemarin.

Bukannya tanpa alasan, Sutrisno menyinggung soal beberapa poin yang disampaikan Megawati dalam pidato panjangnya. Di antara poin yang dimaksud adalah instruksi Megawati agar kader harus turun ke bawah bertemu masyarakat.

Sutrisno menyebut, ini adalah salah satu indikasi bahwa capres PDIP adalah dia yang saat ini merupakan kepala daerah dan sering berinteraksi dengan masyarakat. “Capres PDI Perjuangan adalah pemimpin yang sering blusukan,” ujarnya.

Hal lainnya yang Sutrisno soroti adalah poin di mana Megawati keheranan dengan partai yang mendeklarasikan kader partai lain sebagai capres mereka.

Baca juga : Ganjar Sedang Turun, Anies Sedang Naik

Menurut Sutrisno saat ini kader partai yang dideklarasikan oleh partai lain sebagai capres hanyalah Ganjar Pranowo. “Satu-satunya kader PDI Perjuangan yang dideklarasikan partai lain (Partai Solidaritas Indonesia/PSI) adalah Ganjar Pranowo,” ungkap Sutrisno.

Karenanya, meski di momen HUT PDIP kemarin capres tidak diumumkan, Sutrisno yakin nama tersebut sudah ada di tangan Megawati dan akan diumumkan di waktu yang tepat. “Capres PDI Perjuangan 2024 sudah diputuskan dan ditetapkan,” tukasnya.

Pengamat politik Universitas Andalas, Asrinaldi berpendapat lain. Menurutnya, Puan lebih berpeluang besar untuk diusung PDIP. Hal itu tidak terlepas untuk menjaga keberlanjutan trah Sukarno di tubuh PDIP.

Ditambah lagi partai pasti perlu regenerasi kepemimpinan. “Kalau dia (Puan) presiden atau wakil presiden, modal politik sudah ada di tangan dan itu sangat memungkinan untuk mobilisasi sumber daya, dan posisinya kuat dibandingkan kader lain,” kata Asrinaldi.

Asrinaldi juga menilai, jika benar mengusung Puan, akan ada perpecahan di internal PDIP. Namun, hal itu tidak akan berpengaruh banyak pada suara partai.

“Yang lari ke Ganjar tidak akan sebanyak yang tinggal di PDI Perjuangan, bisa saja pendukung Ganjar lari, tapi apakah akan mengubah dukungan ke PDI Perjuangan? Saya pikir tidak signifikan dibandingkan dengan suara yang didapat,” katanya.

Baca juga : Pencapresan Anies Kurang Greget Nih

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menduga, tidak tersorotnya nama Ganjar Pranowo di acara HUT ke-50 PDI Perjuangan berkaitan erat dengan keberadaan Puan Maharani.

“Ganjar di internal dipinggirkan, di eksternal banyak yang dukung karena memang polanya seperti itu,” kata Ujang.

Ujang mengatakan, sosok Ganjar lebih banyak didukung kader PDIP di kalangan bawah dan masyarakat akar rumput. Ini terbukti dari elektabilitasnya yang tinggi. Sementara, dukungan buat Puan banyak berasal dari petinggi-petinggi PDIP.

Tak heran, sebagai anak bungsu Megawati Soekarnoputri, Puan punya kans besar buat mendapat hak-hak istimewa. “Kalau ada capres lain kan itu ibaratnya seperti ada matahari kembar yang tidak boleh bersinar di partai, biar saja sinarnya di luar,” ungkap Ujang.

Kendati demikian, Ujang mengatakan, politik masih sangat dinamis. Ihwal pencapresan PDIP belum final, meski diprediksi bakal tetap berkutat pada dua nama, antara Ganjar atau Puan. “Politik selalu berubah,” ujar Ujang.

Netizen optimis nama Ganjar Pranowo yang akan diumumkan Megawati sebagai capres PDIP.

Baca juga : Ganjar Berhasil Berantas Korupsi Hingga Pungli Di Jateng

Di sisi lain, Ganjar disarankan segera mencari partai pengusung agar pencapresannya tidak luntang-lantung. Akun @AchmadZani7 yakin Ganjar yang akan dipilih menjadi capres meski dicuekin dan pesonanya meredup saat HUT PDIP.

“Ini acting belaka. Jangan terkecoh. Sebab pada akhirnya @ganjarpranowo lah yang di capreskan,” katanya.

“Tidak dianggap inilah salah satu cara Mega menggembleng Ganjar, sehingga menjadi lebih kokoh kuat sebagai pemimpin, tabah dalam segala tantangan dan cobaan,” ujar @dwi_brom. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.