Dark/Light Mode

Aktor Utama Pembangunan, Lestari Ingatkan Pentingnya Pemberdayaan Pemuda

Rabu, 18 Januari 2023 19:46 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Sinergi Strategi Pemberdayaan Pemuda 2023 yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (18/1). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Sinergi Strategi Pemberdayaan Pemuda 2023 yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (18/1). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ketua Umum BPP Hipmi, Akbar Himawan Buchari mengungkapkan sektor kewirausahaan mampu meningkatkan peran pemuda di sektor ekonomi. Menurut Akbar, organisasi yang dipimpinnya sudah melakukan penguatan keterampilan pemuda di bidang kewirausahaan lewat sejumlah pelatihan di sejumlah kampus di tanah air.

Akbar sangat berharap dukungan pemerintah dari sisi kebijakan dengan memberi kemudahan bagi para pengusaha muda. Karena, menurut dia, setidaknya ada sejumlah aspek penting yang bisa mendorong munculnya pengusaha muda yaitu kemudahan dalam permodalan, pemasaran dan adanya kepastian hukum.

Baca juga : KPK Kembali Bantarkan Penahanan Lukas Enembe Ke RSPAD

Akbar berpendapat, upaya untuk mewujudkan peningkatan peran pemuda di bidang ekonomi dan kewirausahaan menjadi pekerjaan rumah bersama.

Cofounder & CTO at WomenWorks, Fransiska PW Hadiwidjana mengungkapkan platform WomenWorks yang menghadirkan mentor-mentor bagi pemuda dan pemudi agar lebih berdaya di sektor ekonomi. Menurut Fransiska, peningkatan kontribusi perempuan atau pemudi dalam pembangunan dapat meningkatkan GDP secara signifikan.

Baca juga : Gus Halim Optimalkan Pembangunan Desa Kawasan Perbatasan

Saat ini, ujar Fransiska, kehadiran role model sangat penting dalam pengembangan kapasitas diri pemuda dan pemudi. Amira Widya Damayanti dari Gerakan UI Mengajar berpendapat banyak sekali tantangan yang dihadapi pemuda.

Apalagi, ujarnya, tahun depan merupakan titik awal bagi pemuda untuk menentukan pilihannya, sekaligus titik awal pemuda dan pemudi untuk bergerak.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemberdayaan Ekonomi Syariah

Pemberdayaan, tegas Amira, akan berdampak bagi pemuda dan pemudi, karena itu butuh kolaborasi semua pihak untuk membangkitkan peran pemuda dan pemudi.

"Tentu saja juga didukung oleh pemuda dan pemudi yang mau bergerak," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.