Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Surya Paloh Dipanggil Jokowi Ke Istana, NasDem Bilang Untuk Kepentingan Negara

Jumat, 27 Januari 2023 13:20 WIB
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sarapan di Istana Merdeka (Setpres/Biro Pers)
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sarapan di Istana Merdeka (Setpres/Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak memanggil Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ke Istana Negara, Kamis (26/1) sore.

Apa yang dibahas keduanya?

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem Charles Meikyansah menyatakan, Surya Paloh belum merinci detil soal pertemuan tersebut.

Baca juga : Polri Punya Jati Diri Bhayangkara, Tak Bisa Disamakan Dengan Polisi Negara Lain

"Kalau isi pertemuannya, saya juga lagi konfirmasi kepada beliau, yaitu apa saja," ujar Charles saat dikonfirmasi, Jumat (27/1).

Dia meyakini, pertemuan itu ditujukan untuk kepentingan negara. Apalagi, Presiden Jokowi dan Surya Paloh merupakan tokoh bangsa.

"Yang jelas buat kebaikan kita semua lah, bangsa Indonesia. Saya pikir ini pertemuan yang sangat kuat, pertemuan yang sangat bagus untuk bangsa ini, di tengah dinamika kita. Sudah pastilah itu untuk kebaikan negara ya," tuturnya.

Baca juga : KPK Berani Sentuh Singa

Charles mengungkapkan, arahan Surya Paloh kepada kader masih tak berubah. Yakni, tetap mendukung koalisi pemerintahan Jokowi hingga habis masa jabatan.

Surya Paloh juga telah memerintahkan fraksi Nasdem di DPR untuk mendukung seluruh kebijakan Jokowi melalui pendekatan regulasi di parlemen.

"Kalau hal-hal yang monumental lainnya, lebih pas salah satu dari beliau yang lebih pas bicara, menyampaikan kepada kita," tandas Charles.

Baca juga : Sultan: DPD Konsisten Bela Kepentingan Daerah Dan Desa

Terpisah, Bendahara Partai NasDem Ahmad Sahroni juga membenarkan adanya pertemuan antara Jokowi dengan Surya Paloh. "Tapi saya tidak tahu isi pertemuannya. Feeling saya, pasti positif," ujarnya kepada RM.id, Jumat (27/1). 

Pertemuan antara Jokowi dan Surya Paloh dilakukan di tengah wacana reshuffle kabinet yang sedang bergulir. Saat ini terdapat tiga menteri dari partai NasDem yang ada di kabinet.

Dorongan reshuffle kabinet pada menteri dari NasDem bergulir sejak partai pimpinan Surya Paloh itu mengumumkan dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.