Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kasus Pernikahan Dini Di Kabupaten Malang Tertinggi

Jumat, 16 Desember 2022 19:35 WIB
Foto: Didi Rustandi/Rakyat Merdeka.
Foto: Didi Rustandi/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator Bidang (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan Kabupaten Malang menduduki peringkat tertinggi kasus perkawinan anak di wilayah Jawa Timur.

"Di kabupaten Malang ini kasus perkawinan anak ini paling tinggi diantara Jatim dengan 13.36 kasus," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri, saat kunjungan Kemenko PMK ke Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jumat (16/12).

Baca juga : KPK Panggil Bupati Dan Wabup Morowali Utara

Menurut Femmy, pernikahan anak ini tentu akan berbuntut panjang, dampaknya akan menurun pada kurangnya informasi tentang gizi dan stunting.

"Jangan lagi terjadi di anak sini nanti kalau banyak pernikahan anak yang enggak tahu tentang gizi dan sebagainya nanti anaknya bisa stunting terus mutar saja," katanya.

Baca juga : Kemendagri Ceramahi Bupati Meranti Agar Jaga Etika

Femmy mengimbau terkhususnya masyarakat Desa Selorejo untuk mendampingi dan mengawasi anak-anaknya untuk tidak menikah di usia dini.

Untuk mengawasi supaya para anak-anak tidak melakukan kegiatan hubungan badan di luar nikah yang mengakibatkan mereka harus segera dinikahkan.

Baca juga : Serunya Main Ice Skating Di Mal Ciputra Tangerang

"Saya mohon ibu bapak sekalian jadi jangan mengawinkan anaknya. Diawasi anaknya, jangan sampai mereka ini pergi berdua-duaan terus berhubungan badan nanti, ujung-ujungnya hamil terus minta dispensasi nikah," pintanya.

Femmy juga menitipkan tanggung jawab yang ada kepada Asisten Daerah, Camat, hingga Kades untuk turut andil mengurangi tingkat pernikahan dini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.