Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PKB Belain Kaesang Pangarep

Anak Presiden Tidak Salah Ikut Berpolitik

Sabtu, 28 Januari 2023 07:55 WIB
Kaesang Pangarep. (Foto: Istimewa)
Kaesang Pangarep. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik keinginan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, terjun ke dunia politik. Pasalnya, setiap orang memiliki hak, termasuk anak Presiden.

Juru bicara muda PKB Ais Shafiyah membela Kaesang. Dia bilang, keinginan berpolitik Kaesang tak bisa disebut be­gitu saja sebagai praktik dinasti politik. PKB pun siap menerima suami Erina Gudono itu.

“Tak ada salahnya anak Presiden ingin maju ke politik. Itu haknya dan Indonesia menganut sistem demokrasi. Mas Kaesang juga bukan aji mum­pung punya kakak Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat Wali Kota Solo,” ujar Ais dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kaesang Ibarat Anak Gadis Cantik, Banyak Yang Melirik

Menurut Ais, anak seorang Presiden pun jika ingin menjadi pemimpin daerah harus melalui proses pemilihan yang penyelenggaranya berjalan free and fair. Masyarakat sekarang juga sudah cerdas. Tak akan asal pilih pemimpin.

“Masyarakat memilih ber­dasarkan quality, capability dan integrity. Dengan kata lain, jangan sampai orang yang me­miliki tiga karakter itu justru tidak bisa maju hanya karena dia anak seorang pejabat,” tuturnya.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda juga men­dukung keputusan Kaesang memulai karier di bidang poli­tik. Namun, dia menyarankan, Kaesang menjadi kader partai politik.

Baca juga : PSI DKI Jempolin Heru Yang Lanjutin Proyek Sodetan Ciliwung

“Karena dengan itu, kita sama-sama menguatkan tradi­si demokrasi di Indonesia, dan pertanggungjawabannya ada,” ujar Huda, saat ditemui wartawan di Sekretariat Bersama (Sekber) Gerindra-PKB, Menteng, Jakarta.

Senada, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid juga memuji dan mengajak Kaesang ber­gabung dengan PKB.

“Jempol buat Mas Kaesang. Ibarat pepatah jawa ‘kacang ra ninggal lanjaran’, akarnya emang sudah di politik,” kata Gus Jazil-sapaan Jazilul Fawaid, dalam pesannya, kemarin.

Baca juga : Ganjar Optimalkan Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

Gus Jazil mengatakan, selama ini Kaesang secara tidak lang­sung sudah terlibat dalam akti­vitas berbau politik. Makanya wajar, jika Kaesang tertarik menjadi kepala daerah, berkarier di eksekutif atau legislatif.

“Sambil belajar, PKB sedang membuka pendaftaran bakal caleg. Kalau Mas Kaesang ter­tarik, monggo bergabung. Kami siapkan dapil DKI atau dapil lainnya deh. Atau mau Pilkada, kami buka pada waktunya juga,” rayu Gus Jazil. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.