Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gandeng Moeldoko, Kans Airlangga Presiden 2024 Semakin Besar

Selasa, 17 Januari 2023 12:59 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Budiman mengatakan hasil survei yang menempatkan elektabilitas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di posisi teratas dalam berlaga di Pilpres 2024 merupakan hal wajar.

Pasalnya, Airlangga telah melakukan langkah nyata melalui kinerjanya dalam mengatasi perekonomian di tengah hantaman pandemi Covid-19.

"Ya Pak Airlangga unggul misalnya di survei Citra Network Nasional (CNN) karena kerja nyatanya sebagai Menko Perekonomian dalam menangani ekonomi ditengah Covid-19," kata Budiman kepada wartawan, Selasa (17/1).

Dia menyebut peluang menang Airlangga di Pilpres 2024 semakin besar jika berduet dengan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko. Karena keduanya memiliki peran masing-masing untuk mendapat dukungan dari masyarakat.

Berita Terkait : Moeldoko Capres 2024 Ramai Di Musra XIII Jatim

"Peran keduanya membuka peluang menang Pilpres 2024, untuk mendapat dukungan dari masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, juga survei CNN menunjukkan bahwa pasangan Airlangga-Moeldoko sebagai pilihan masyarakat agar keduanya memimpin Indonesia, untuk melanjutkan kepemimpinan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Pengalaman Moeldoko sebagai mantan Panglima TNI dan Kepala KSP saat ini juga membantu Airlangga dalam memperkuat milter.

"Survei CNN bukti Masyarakat ingin Airlangga-Moeldoko sebagai presiden-wakil presiden 2024," jelas dia.

Berita Terkait : Benahi Perekonomian, Airlangga Disebut Layak Jadi Presiden 2024

Sebelumnya, lembaga survei Citra Network Nasional (CNN) melakukan simulasi pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Airlangga Hartarto-Moeldoko 30,2 persen. Disusul pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 22,2 persen.

"Tempat ketiga Puan Maharani-Ganjar Pranowo 21,2 persen, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhono 12,6 persen dan tidak memilih sebanyak 13,8 persen," ujar Direktur Eksekutif CNN, Muhammad Dandy.

Taji Airlangga bukan cuma berpasangan dengan Moeldoko. Di simulasi kedua survei CNN, pasangan Airlangga-Ridwan Kamil juga menjadi jawara dengan 27,6 persen.

"Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa dipasangkan maka dipilih sebanyak 27,3 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Puan Maharani dipilih sebanyak 23,7 persen. Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Ahmad Heryawan dipilih sebanyak 14,7 persen dan yang tidak memilih sebanyak 6,7 persen," tutur dia.

Berita Terkait : Galang Penolakan Pemilu Proporsional Tertutup, Peran Airlangga Diapresiasi

Diketahui, sampel survei CNN mengunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 2200 warga negara Indonesia yang sudah berusia di atas 17 tahun, dan tersebar di 34 provinsi.

Hasil Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2.08 dengan confidence level 95 persen. Survei dilakukan sejak 27 Desember 2022-9 Januari 2023. ■