Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Partai Garuda: Pilkada Langsung Sumber Perpecahan di Indonesia

Selasa, 7 Februari 2023 13:01 WIB
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mendukung pemilihan kepala daerah (Pilkada) digelar secara tidak langsung alias melalui DPRD.

Sebab, menurut dia, Pilkada langsung merupakan sumber perpecahan terbesar di Indonesia.

"Setelah beberapa kali dilakukan Pilkada langsung, perilaku masyarakat Indonesia yang ramah dan santun berubah, saling sikut, saling menyerang, saling memaki, saling menjatuhkan bahkan menjadi permusuhan yang berkepanjangan, memutuskan tali persaudaraan dan persahabatan," ujar Teddy, Selasa (7/2).

Baca juga : Bamsoet Dukung OJK Perkuat Hilirisasi Sumber Daya Alam Indonesia

Menurut pria yang juga menjabat Juru Bicara Partai Garuda ini, hal ini terjadi lantaran rakyat juga ikut menjadi pemeran utama dan ikut "bertarung".

"Pertarungan itu terjadi sampai ke tingkat paling bawah, termasuk di keluarga. Contoh sederhana, Semua grup Whatsapp dari keluarga, lingkungan RT, pekerjaan menjadi grup politik dan terjadi perpecahan di sana," bebernya.

Karena lingkupnya kecil, yaitu kabupaten, kota dan provinsi, maka keterlibatan rakyat di Pilkada langsung semakin dibutuhkan.

Baca juga : Garuda Tak Larang Pramugari Pakai Jilbab

"Apalagi, rakyat di setiap provinsi rata-rata punya tiga Pilkada, masing-masing melibatkan langsung rakyat untuk bertarung dengan rakyat yang lain. Semakin terasah perpecahannya," ungkap Teddy.

Dia membeberkan, sama seperti sistem Pilkada langsung, Pilkada tidak langsung juga demokratis dan tidak melanggar konstitusi.

"Pilkada langsung maupun tidak langsung menghasilkan pimpinan hebat, tapi banyak juga menghasilkan pimpinan yang lemah. Tapi Pilkada langsung adalah penyumbang terbesar perpecahan di negara ini dibandingkan dengan Pilkada tidak langsung," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.