Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Peringati 1 Abad NU, PKB Banten Gelar Doa Bersama

Rabu, 8 Februari 2023 10:33 WIB
Acara tasyakur dan doa bersama DPW PKB Banten memperingati 1 Abad NU. (Foto: Ist)
Acara tasyakur dan doa bersama DPW PKB Banten memperingati 1 Abad NU. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPW PKB Banten menggelar Tasyakur dan Doa 1 abad NU bertempat di Sekretariat DPW PKB Banten di Serang, Banten, Selasa (7/2). Sekretariat megah yang diresmikan Cak Imin 2022 ini jadi meriah dengan kehadiran ratusan orang dari Pengurus DPW PKB Banten, Anggota FPKB DPRD Banten dan warga NU serang.

Acara mulai siang hingga tengah malam berupa doa, santunan yatim, hataman qur'an, istighotsah, tawashul, tahlil dan ditutup potong tumpeng.

Ditemui media di lokasi, Sekertaris DPW PKB Banten H. Umar Barmawi menjelaskan, ini sebagai syukuran 1 Abad NU, karena PKB yang didirikan NU tentu sangat berbahagia atas usia 100 tahun NU.

Baca juga : Hadiri Perayaan 1 Abad NU, AHY Dikerubutin Warga Nahdliyin

"Semua rangkaian kegiatan ini kami persembahkan untuk 1 Abad NU, dengan doa untuk masa depan NU semakin maju, maslahat untuk umat dan keberkahan dalam perjuangan memasuki abad ke-2 NU," katanya.

Ketua Dewan Syuro DPW PKB Banten KH. Aom Muhtadi terpantau memimpin langsung kegiatan tasyakur dan doa 1 Abad NU.

Ketika ditanya, dirinya yakin NU bisa bertahan karena keihlasan para ulama pandiri dan penggerak NU di seluruh nusantara, itu yang pertama. Kedua, kekuatan dan kesungguhan doa para ulama pendiri dan penggerak NU.

Baca juga : OSO Minta Santri Teruskan Perjuangan Syaikhona Kholil & Kiai Hasyim Asy’ari

Ketiga, dengan santunan yatim, khotmil qur'an, tawashul dan tahlil tentunya mengahrap ridlo Allah SWT. dan tabarrukan dari ulama pendiri dan penggrak NU.

Di tempat yang sama, Ketua DPW PKB Ahmad Fauzi meyatakan dalam perjuangan NU selama 100 tahun (kalender Hijriyah) ada catatan penting yang dapat menjadi refleksi bagi warga nahdliyin. "Semua gerakan NU sebagai respon atas problem kemsayarakat dan keagamaan, selalu bertujuan untuk peningkatan kwalitas kehidupan umat," jelasnya.

Dia tambahkan, respon itu selalu kombinasi kekuatan akal dan spiritual sehingga semua ulama dan penggerak NU selalu terjaga dalam memperjuangkan kemaslahatan umat. "Termasuk ketika NU mendirikan PKB, sebagai respon atas reformasi supaya NU memiliki alat politik praktis," tegasnya.

Baca juga : Peringati Satu Abad NU, Sahabat Ganjar Gelar Doa Bersama Di Lombok

Itu terbukti dengan mengantarkan KH. Abdurrahaman Wahid sebagai Presiden kalangan ulama dan santri menjadi anggota legislatif pusat dan daerah, beberapa menteri dari santri dan KH Makruf Amin menjadi wakil presiden.

Baginya, keputusan PBNU era Gus Dur mendirikan PKB terlihat jelas dapat melakukan berbagai perbaikan kwalitas umat. "Kalau saja NU tidak mendirikan PKB, rasanya tidak ada terobosan baru dalam perjuangan NU dan kurang warna dalam menyambut 1 Abad NU," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.