Dark/Light Mode

Road To Pilpres

Anies Daur Ulang Slogan Kampanye

Senin, 27 Februari 2023 08:00 WIB
Bakal calon presiden yang diusung PKS Anies Baswedan memberikan pidato saat Apel Siaga Pemenangan PKS Tahun 2024 di Stadion Madya Kompleks GBK, Jakarta, Minggu (26/2/2023). Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar apel siaga pemenangan untuk Pemilu 2024 yang merupakan rangkaian Rakernas PKS 2023. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc).
Bakal calon presiden yang diusung PKS Anies Baswedan memberikan pidato saat Apel Siaga Pemenangan PKS Tahun 2024 di Stadion Madya Kompleks GBK, Jakarta, Minggu (26/2/2023). Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar apel siaga pemenangan untuk Pemilu 2024 yang merupakan rangkaian Rakernas PKS 2023. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc).

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan itu, Anies juga bernostalgia tentang perjuangannya dengan PKS ketika kontestasi Pilkada DKI. Menurutnya, pertarungan kala itu ibarat ‘Daud melawan Jalut’ atau pihak yang kecil melawan raksasa.

Sebab, Anies saat itu berpasangan dengan Sandiaga Uno yang didukung oleh koalisi PKS dan Gerindra. Ia juga teringat dengan angka survei yang dirilis oleh pelbagai lembaga survei yang kurang menguntungkannya.

“Kala itu kader PKS bukan ciut, tapi berlipat ganda. Perjuangan besar saat itu kembali hadirkan kemenangan,” kata dia.

Ia lalu mengajak kader PKS untuk melangkah ke perjuangan berikutnya. Dengan tagline yang lebih kurang sama. Jika lima tahun lalu slogannya adalah ‘Jakarta Maju Bersama’. Di hari ke depan, taglinenya berubah menjadi ‘Indonesia Maju Bersama.

Baca juga : Moeldoko Apresiasi Peran Pendeta Gereja Untuk Pembangunan Papua

“Maju Negaranya, Bahagia Rakyatnya,” tegas Anies.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai tagline yang diusung Anies tersebut mengandung makna yang cukup mendalam. Namun mudah dipahami.

“Tagline yang mudah dan dalam. Maju Bangsanya dan Bahagia Rakyatnya. Waktu Pilkada DKI Maju Kotanya dan Bahagia Warganya,” kata Mardani kepada Rakyat Merdeka tadi malam.

Menurutnya, slogan tersebut cukup filosofis dalam konteks pembangunan. “Filosofinya bukan hanya aspek jasmani tapi juga ruhani. Bukan hanya fisiknya tapi juga jiwanya,” sambungnya.

Baca juga : Paloh: Mas AHY Lebih Dari Pantas, Potongan Ganteng...

Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago tidak masalah jika Anies kembali mendaur ulang slogan kampanye di Pilkada DKI lalu. Sebab, kata dia, slogan itu membawa pesan penting untuk memajukan bangsa yang juga sekaligus membahagiakan rakyatnya.

“Bagus-bagus aja ya. Karena negara memang harus maju. Apalagi Alhamdulillah sampai hari ini Indonesia gak sedang dilihat sebelah mata oleh dunia, sukses dalam penanganan Covid-19, G20, dan banyak prestasi lainnya,” kata Irma ketika dikontak Rakyat Merdeka, tadi malam.

Selain itu, NasDem juga berharap agar setiap pergantian kepemimpinan, membawa perbaikan yang lebih baik. Terutama dalam konteks membahagiakan rakyat.

“Kalau kemudian, bahagia warganya artinya harus ada kebahagiaan yang lebih. Harus ada peningkatan. Kalau tidak ada peningkatan berarti tidak ada perubahan,” terangnya.

Baca juga : Akhirnya, NasDem Kebagian Berkahnya

Ia berpandangan, NasDem yang juga saat ini berstatus sebagai partai pendukung Jokowi melihat sudah banyak capaian yang sukses ditorehkan oleh presiden saat ini. Sehingga Anies, nilainya tidak perlu lagi memulai dari awal.

“Kalau kita memulai dari awal, itu sulit. Tapi kalau meneruskan jauh lebih mudah. Kita sudah tahu mana yang kurang dan harus diperbaiki. Bagus tuh, slogan seperti itu bagus,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.