Dark/Light Mode

Wacanakan Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir

PAN Diprediksi Melesat

Selasa, 28 Februari 2023 07:55 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
“Dengan ketokohan Zulhas, dengan harapannya dibantu Ganjar dan Erick Thohir bisa membantu suara. Sebab, dulu amat oposisi karena ketokohan Amien Rais. Tanpa kehadiran Amien, akan ada hal baik di Jateng. Minimal satu dua kursi Senayan,” tambahnya.

Namun, simbol dukungan Jokowi di Rakornas PAN amat proporsional. Sebab, Jokowi menyadari, Jateng adalah basis massa partainya. Jokowi tidak ingin ada drama dukungan yang berlebihan seperti saat acara Harlah PPP.

“Sehingga kalau kita perhati­kan, Jokowi biasa saja di acara Rakornas PAN. Pujian kepada PAN tepat dan tidak berlebihan.Termasuk tidak menyebut na­ma-nama capres-cawapres,” nilainya.

Baca juga : Pengamat: Ganjar-Erick Berpotensi Diusung PDIP Dan KIB

Setelah PAN, Hensat berharap Jokowi tidak mengulangi melakukan endorsment atau me­nyebut Capres-cawapres dengan mudah. Sebab, sebagai presiden, bisa diterjemahkan salah oleh jajarannya.

“Bisa jadi dimaknai sebagai instruksi. Ke depan, semoga jangan lagi nama calon penggantinya demi demokrasi yang fair,” tegasnya.

Sebelumnya, saat hadir di acara Workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu PAN di Semarang, Jawa Tengah, kema­rin, Presiden Jokowi menyinggung perolehan suara PAN di Jateng. “Tadi bapak ketua (Zulkifli Hasan) menyampaikan dulunya di Jawa Tengah ini selalu dapat 8, 8, 8, 8, tapi di 2019 tidak mendapatkan sama sekali,” sing­gung Jokowi.

Baca juga : Zulhas Sodorkan Duet Ganjar-Erick, Jokowi Tersenyum

Sebagai informasi, acara Rakornas PAN ini dihadiri sejumlah tokoh. Selain Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, tampak hadir juga Menteri BUMN, Erick Thohir; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Jokowi meminta PAN agresif menjangkau kaum muda. Sebab Pemilu 2024 nanti, 58 persen pe­milih berusia di bawah 40 tahun.

Jokowi lantas mengaitkan PAN yang menggelar Rakornas di Jateng. Jokowi mengaku akhirnya mendapatkan jawabannya, ini strategi PAN untuk mendekati para kepala daerah di Jawa Tengah. “Oh ini strategi, sudah, mendekati Pak Ganjar, mendekati bupati wali kota dia­lihkan semuanya, sudah betul,” tuturnya.

Baca juga : Zulhas Lempar Isyarat Usung Ganjar-Erick Di Pilpres 2024

Sementara itu, Zulhas ber­janji akan mengikuti seluruh arahan Presiden Jokowi. “Presiden adalah panglima tertinggi kami. Jadi kami akan mengi­kuti setiap arahan presiden,” ujar Zulhas. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.