Dark/Light Mode

Mau Deklarasi Bersama Sebelum Puasa

Koalisi Anies Tambah Matang

Rabu, 15 Maret 2023 08:00 WIB
Jubir Anies Baswedan, Hendri Satrio. (Foto: Khairizal Anwar/RM).
Jubir Anies Baswedan, Hendri Satrio. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

 Sebelumnya 
“Kami sudah sepakat. Pokoknya Demokrat terima apa aja kata capres, kan,” kata Andi kepada wartawan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, kemarin. Andi mengatakan, keputusan final baru akan diambil pada Oktober nanti saat pendaftaran paslon capres-cawapres ke KPU.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyampaikan, hal yang seirama. Kata dia, persiapan deklarasi sudah matang. Semua anggota koalisi sudah legowo soal cawapres diserahkan kepada Anies.

Baca juga : Teroris Papua Tambah Edan

Lalu kapan akan digelar deklarasi? Mardani menargetkan deklarasi itu bakal dilakukan sebelum bulan ramadhan. Anies disebut akan melakukan silaturrahmi finalnya. “Doakan saja sebelum Ramadhan ini kita deklarasi,” ujarnya.

Mardani mengaku masih mencari tanggal yang tepat untuk deklarasi. Yang jelas, lanjut Mardani, deklarasi bakal dilakukan sebelum 23 Maret 2023.

Baca juga : Izin Investasi Masih Berbelit, Pengusaha Tambang Jateng Teriak

Lalu apa kata pengamat? Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda mengatakan, tak mudah memang untuk mencari sosok pendamping Anies. Menurut dia, parpol anggota koalisi perubahan harus realistis. Tak bisa hanya menginginkan kadernya untuk jadi cawapres.

Menurut dia, dari sejumlah hasil survei ada dua nama yang bisa digandeng Anies. Kedua tokoh itu adalah AHY dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dalam sejumlah survei, elektabilitas AHY selalu masuk empat besar. Khofifah pun tak bisa diabaikan.

Baca juga : Badai di Kemenkeu Tambah Membesar

Menurut dia, Khofifah patut dipertimbangkan lantaran dia menjabat sebagai gubernur di salah satu provinsi besar di Jawa. Selain itu, Khofifah punya basis pemilih dari Nahdlatul Ulama (NU).

“Tentu ada keinginan lain yakni berharap bisa membawa pemilih NU yang tidak terpisahkan dari konstelasi politik hari ini,” kata dia. “Jika Koalisi Perubahan ingin jalan mulus, maka harus lebih realistis, lebih rasional, dan lebih kuat secara survei sampai saat ini,” sambungnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.