Dark/Light Mode

Jokowi Heran, Ketum Parpol Sering Klaim Restu Presiden

Minggu, 2 April 2023 15:21 WIB
Presiden Jokowi dalam Silaturahmi Ramadan di Rumah PAN, Jakarta, Minggu (2/4). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi dalam Silaturahmi Ramadan di Rumah PAN, Jakarta, Minggu (2/4). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengaku heran, dengan sikap Ketua Umum (Ketum) Partai yang sedikit-sedikit mengklaim, bahwa apa yang dilakukannya sudah direstui Presiden. Apalagi, kalau terkait upaya membangun koalisi, atau mencalonkan seseorang.

Jokowi bilang, Pilpres adalah urusan partai atau gabungan partai. Presiden jangan diikut-ikutkan.

“Lho, apa urusannya? Kalau ditanya, ya saya jawab, Bapak setuju nggak, kalau Pak Prabowo jadi Capres. Ya saya jawab setuju, kalau memang setuju. Kalau setuju, jawabnya mantap. Kalau nggak, ya nggak. Kalau nggak ditanya, ya saya diam saja,” papar Jokowi dalam acara Silaturahmi Ramadan di Rumah PAN, Jakarta, Minggu (2/4).

Baca juga : Jokowi dan Maruf Serahkan Zakat Lewat Baznas

Dia pun menyinggung soal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang disebut-sebut lahir atas prakarsanya.

“Wah itu dari Presiden. Lho, siapa? KIB itu kan terbentuk dari pertemuannya Pak Airlangga, Pak Zul, dan Pak Mardiono. Baru setelah itu, mereka datang ke saya, mohon doa restu. Ya saya restui. Sebetulnya, ya cuma begitu-begitu saja. Bukan saya ngatur-ngatur, bentuk KIB begini begini. Nggak pernah,” beber Presiden ke-7 RI itu.

Hal serupa, menurutnya, juga berlaku pada Gerindra dan PKB yang membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. 

Baca juga : MRT Jakarta Kembali Sediakan Kereta Khusus Perempuan

Ketika itu, Jokowi mengaku pernah ditanya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, tentang potensi membangun hubungan koalisi.

“Gimana Pak, kalau saya dengan Gerindra? Ya saya baik-baik aja. Terus, saya menyambungkan ke Pak Prabowo. Saya bilang ke Pak Prabowo, Pak, kelihatannya Cak Imin ingin gandengan dengan Bapak. Ya hanya gitu-gitu aja. Akhirnya nyambung,” jelas Jokowi.

Itu kisah aslinya. Makanya, Jokowi heran, di luaran, beredar kabar koalisi sudah direstui Presiden.

Baca juga : Lestari: Ramadan Momentum Perkuat Nilai Persatuan Bangsa

“Ya saya sih senang-senang saja,” ucapnya. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.