Dark/Light Mode

Sesalkan Perseteruan Ahmad Dhani-Once Mekel

Partai Garuda: Musisi Harus Bersatu, Perbaiki Konsep Pengumpulan Royalti

Sabtu, 8 April 2023 13:54 WIB
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi menilai konsep pengumpulan royalti bagi musisi perlu diperbaiki, agar lebih berpihak kepada musisi.

Hal ini disampaikan Teddy, menanggapi perselisihan antara Ahmad Dhani dan Once Mekel soal izin menyanyikan lagu Dewa-19.

Menurut Teddy, sebenarnya perdebatan Ahmad Dhani dan Once soal royalti tidak perlu terjadi, karena yang diperdebatkan adalah sesuatu yang di luar undang-undang.

Baca juga : Joe Biden Janji Dukung Muslim Yang Teraniaya

"Padahal akar masalah berdasarkan UU adalah musisi merasa lagu mereka dibawakan secara profesional, tapi uangnya tidak sesuai atau tidak mereka terima," kata Teddy dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/4).

Teddy mengatakan seharusnya jika ingin berdebat, maka dilakukan dengan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK).

Sebab, berdasarkan UU, LMK yang berwenang dalam mengumpulkan dan mendistribusikan royalti kepada para musisi.

Baca juga : Partai Garuda: Harusnya BNPT Tindak Dulu, Baru Umumkan

"Bukan malah sesama musisi saling berdebat, tidak nyambung. Seharusnya musisi duduk bersama membahas agar supaya mereka dapatkan hak mereka," imbau pria yang juga menjabat Juru Bicara Partai Garuda ini.

Teddy menilai, cara pengumpulan royalti dan penghitungan royalti saat ini masih diragukan. Maka sampai kapan pun, kata dia, musisi tidak akan pernah merasa nyaman.

Karena itu, dia menyarankan agar para musisi duduk bersama membuat konsep yang tepat, untuk diajukan ke pemerintah dan DPR.

Baca juga : Kualifikasi Olimpiade Paris, Garuda Putri Hadapi Lebanon Dan Taiwan

"Jadi salah kaprah jika sesama musisi yang berbenturan, seharusnya inilah saatnya para musisi dan pencipta lagu bersatu," tandas Teddy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.