Dark/Light Mode

Beri Motivasi, Megawati: PDIP Harus Jadi Tiang Negara Bersama Rakyat

Senin, 10 April 2023 12:39 WIB
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri memberikan pembekalan kepada anggota Fraksi DPR PDI Perjuangan. di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/).
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri memberikan pembekalan kepada anggota Fraksi DPR PDI Perjuangan. di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri memberikan pembekalan kepada anggota Fraksi DPR PDI Perjuangan. 

Pembekalan anggota DPR ini berlansung secara tertutup di Sekolah Partai, di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/).

Dalam arahannya, Megawati mengingatkan para kader partai yang duduk di DPR agar benar-benar serius bekerja mempersiapkan diri menuju Pemilu 2024. Semuanya harus mengingat dan menghidupi prinsip bahwa PDI Perjuangan menjadi bagian dari tiang negara.

“Berapapun jumlah parpolnya, PDI Perjuangan harus menjadi tiang negara. Artinya kapanpun negeri ini ada, PDI Perjuangan harus jadi partai pelopor yang menjadi tonggak negeri ini,” kata Megawati dalam keterangannya, Senin (10/4).

Baca juga : Kemendagri Akan Nonaktifkan Bupati Meranti Jika Resmi Jadi Tersangka KPK

Prinsip itu, kata Megawati, harus diwujudkan di dalam tindakan di lapangan oleh para kader. Kata presiden kelima RI itu, para kader PDI Perjuangan harus terus mendekatkan diri dengan rakyat, bekerja untuk kepentingan rakyat.

“Kalau semua hadir, semua satu rasa dan mau bekerja ke bawah, di tengah rakyat, kita pasti bisa jadi partai pelopor,” kata Megawati.

Selain itu, Megawati mengingatkan para anggota DPR itu harus mengikuti aturan partai. Ia  juga mempersilahkan untuk berimprovisasi di lapangan, namun harus tetap berdisiplin.

“Jadi lakukan disiplin teori, disiplin gerakan dan disiplin tindakan. Ingat juga, hindari zona nyaman. Begitu kita terlena di zona nyaman, maka keinginan untuk maju akan habis. Maka kita harus terus belajar, dinamis, dan berkreasi,” pintahnya.

Baca juga : Kemendagri Dorong Realisasi APBD Harus Berdampak ke Masyarakat

Dalam kesempatan itu, Megawati  berbicara banyak hal yang bertujuan memotivasi para anggota DPR. Bagi Megawati, bahwa di tengah tugas para anggota Fraksi PDI Perjuangan di Parlemen dan turun ke rakyat, mereka juga harus memperkuat pemahaman ideologi serta geopolitik. Sehingga dalam mengambil sikap dalam menanggapi berbagai situasi global dan nasional, para kader PDIP bisa teguh dalam memegang ideologi bangsa.

“Untuk apa kita jadi orang politik jika tak belajar dan memahami bagaimana sejarah Indonesia, teori geopolitik, dan bagaimana praksisnya,” kata Megawati.

Menghadapi pemilu 2024, Megawati mengingatkan agar semua kader PDI Perjuangan harus saling membantu di lapangan. 

“Politik itu dinamis. Maka kita harus selalu mengantisipasi. Kita tak boleh duduk tenang-tenang saja, terus bergerak,” tegas Megawati.

Baca juga : Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Tagar Kami Bersama Erick Menggema

Dalam pembekalan anggota DPR, Megawati hadir bersama Ketua Fraksi, Utut Adianto, Sekretaris, Bambang Wuryanto, dan Puan Maharani. 

Bendahara Umum PDI Perjuangan, Olly Dondokambey, Ketua DPP Yasonna Laoly, Ahmad Basarah, Sukur H Nababan, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, Rokhmin Dahuri, Nusyirwan Soedjono, Hamka Haq, dan Wasekjen Arif Wibowo ikut hadir.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.