Dark/Light Mode

Munculkan Koalisi Dji Sam Soe

Airlangga Banyak Akalnya

Selasa, 13 Juni 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sambutan saat pembukaan Rapat Kerja Nasional 2023 bertema Bersama Menangkan Hati Rakyat Majukan Indonesia di DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/23). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sambutan saat pembukaan Rapat Kerja Nasional 2023 bertema Bersama Menangkan Hati Rakyat Majukan Indonesia di DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/23). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menghadapi Pilpres 2024, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto benar-benar banyak akalnya. Setelah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Besar mentok, Airlangga kembali usulkan koalisi baru, namanya “Dji Sam Soe”.

Koalisi Dji Sam Soe diwacanakan menjadi poros keempat di Pilpres 2024 mendatang. “Makanya alternatifnya kan bisa dua, bisa tiga, bisa empat, poros Dji Sam Soe,” kata Airlangga, di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Airlangga memastikan, masih melakukan komunikasi dengan semua partai politik. Termasuk PDIP, PAN, hingga PKB. Bahkan dengan PDIP, kata Airlangga, Golkar intens melakukan pertemuan dengan partai besutan Megawati Soekarnoputri.

Baca juga : Dongkrak Kualitas SDM, Menko Airlangga Lepas Peserta Program Magang ke Hungaria

“Dengan PAN baik, dengan PKB juga lancar,” lanjut Menko Perekonomian itu.

Sementara untuk komunikasi dengan Demokrat, Airlangga tidak menutup kemungkinan. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci maksudnya tersebut. “Ya tanyakan pada rumput yang bergoyang,” singkat dia.

Airlangga juga menegaskan, sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. “Iya sudah,” katanya.

Baca juga : Sandi Kebanyakan Dramanya

Perihal nasib KIB, Airlangga menegaskan, belum ada surat kerja sama yang diteken oleh partai koalisi. Diketahui terdapat tiga parpol dalam KIB: Golkar, PAN dan PPP.

PPP sudah melabuhkan dukungan ke Ganjar Pranowo. “KIB belum teken surat belum. Belum teken-teken. Namanya belum teken ya masih ada,” ujarnya.

Sebelumnya Koalisi Dji Sam Soe digadang-gadang sebagai kendaraan politik Airlangga bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk maju di Pilpres 2024. Keduanya disebut akan berduet agar mengerek perolehan suara partai.

Baca juga : Mega Mau Rangkul Airlangga Dan Imin

“Kemungkinan selalu ada (duet dengan Zulhas),” tegas Airlangga, di kantor DPP Golkar, Minggu (4/6) lalu.

Lalu apa kata PAN dan PPP? Juru Bicara PAN Valeryan Bramasta mengapresiasi langkah politik Airlangga yang akan membentuk poros keempat. “Sangat wajar jika Ketum Golkar menggagas adanya poros Dji Sam Soe, apalagi beliau adalah ketum partai terbesar kedua,” imbuh Valen saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.