Dark/Light Mode

Pidato Politik Setelah Puasa 8 Bulan

SBY Tunjukkan Cinta Ke Jokowi

Selasa, 10 September 2019 08:42 WIB
Bersama keluarga dan kolega, Pak SBY mensyukuri usianya yang Ke-70 dan HUT Partai Demokrat Ke-18 di Cikeas, Bogor, kemarin. (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).
Bersama keluarga dan kolega, Pak SBY mensyukuri usianya yang Ke-70 dan HUT Partai Demokrat Ke-18 di Cikeas, Bogor, kemarin. (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).

 Sebelumnya 
Wajahnya sendu. Barulah dia masuk ke dalam pidato kontemplasi. SBY menyebut, kontemplasi yang hendak disampaikan nya merupakan hal yang didapat selama perjalanan hidupnya selama 70 tahun.

Judul dan rumusannya; “Nilai-nilai dan perilaku kehidupan seperti apa yang sepatutnya kita anut dan jalankan, agar masyarakat kita menjadi the good society, dan agar pada gilirannya, Indonesia menjadi the good country.

Saat ini, SBY melihat, rasa persaudaraan rakyat Indonesia melemah, sementara permusuhan antar lapisan Indonesia, katanya, merupakan negara majemuk.

Baca juga : BPPKB Jakarta Pusat Siap Tunjukkan Taring

Di satu sisi, kemajemukan merupakan suatu anugerah. Namun di sisi yang lain, merupakan suatu kerawanan dan sumber konflik.

Merujuk dari kondisi tersebut, SBY menyebut tidak ada resep ajaib untuk menjaga persatuan dan kerukunan. Kecuali secara sadar kita memperkuat dua nilai fundamental yakni kasih sayang dan persaudaraan yang kuat dan kemudian menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Semua pihak harus turut bertanggung jawab untuk melunturkan rasa permusuhan yang menguat beberapa tahun terakhir.

Baca juga : Agrowisata Petik Buah Jeruk di Banjar Tingkatkan Pendapatan Petani

Kemudian, SBY berharap, politik Indonesia menjadi politik yang lebih baik. “Bagi bangsa yang majemuk, yang juga menganut sistem demokrasi multipartai. Politik kita harus makin guyub, makin inklusif, dan makin teduh,” harapnya.

Kemudian dia menyinggung Pemilu yang baru selesai. Rakyat telah memberikan mandat. SBY pun mengajak rakyat memberikan kesempatan dan dukungan kepada pemerintahan Jokowi.

“Dalam kapasitas saya selaku pribadi dan pemimpin Partai Demokrat, saya mengajak saudara-saudara kami rakyat Indonesia, untuk memberikan kesempatan dan dukungan kepada pemimpin dan pemerintahan yang baru, agar sukses dalam mengemban amanah rakyat,” seru SBY.

Baca juga : Inilah 10 Nama Yang Diajukan Pansel ke Jokowi

Dia juga berharap, materi kontemplasi yang disampaikannya, dapat melengkapi agenda, kebijakan dan langkah tindakan yang diambil oleh negara dan pemerintahan mendatang.

Selesai pidato, SBY dihibur lagu-lagu. Lagu terakhirnya, “My Endless Love” yang dipopulerkan Lionel Richie dan Diana Ross. Kemudian, acara dilanjutkan doa.[OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.