Dark/Light Mode

Ikuti Jejak Jokowi, Ganjar Bacakan Dedication Of Life Bung Karno

Sabtu, 24 Juni 2023 15:32 WIB
Capres PDIP Ganjar Pranowo membacakan Dedication of Life Bung Karno di puncak Peringatan Bulan Bung Karno BBK 2023. (Foto: Ist)
Capres PDIP Ganjar Pranowo membacakan Dedication of Life Bung Karno di puncak Peringatan Bulan Bung Karno BBK 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo membacakan naskah Dedication of Life Bung Karno di puncak Peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (23/6).

Peran Ganjar di BBK ini pernah dilakukan Presiden Jokowi. Tepatnya saat Rakernas PDIP tahun 2013 di Jakarta, yang saat itu Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Adapun Dedication of Life merupakan surat atau wasiat Bung Karno dengan maksud mengajak rakyat melakukan pengabdian kepada Tuhan, Tanah Air, dan Kepada Bangsa. Ganjar membacakannya dengan khidmat.

Sontak, suasana Gelora Bung Karno yang sebelumnya terdengar suara gemuruh dari ratusan ribu kader PDIP, seketika hening. Mereka meresapi tiap kata Dedication of Life yang dibacakan politisi PDIP itu.

Baca juga : Wanita Nelayan Ganjar Deklarasi Dukungan Ganjar Presiden 2024 Di Pangandaran

Saat membacakan Dedication of Life, terlihat Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo berdiri di belakang Ganjar juga khidmat saat pembacaan Dedication of Life.

Sekadar informasi, pada 2013, Jokowi membacakan Dedication of Life jelang pengumumannya menjadi calon presiden PDIP. Di lingkup PDIP, pembacaan pidato Dedication of Life Bung Karno merupakan hal yang sakral dalam prosesi kepartaian bersamaan dengan menyanyikan Indonesia Raya, kemudian Mengheningkan Cipta dan pembacaan teks Pancasila.

Di acara Puncak BBK 2023 ini, mengheningkan cipta dipimpin oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan pembacaan teks Pancasila oleh Denny Cagur.

Sebelum membacakan Dedication of Life, peringatan Bulan Bung Karno diawali prosesi Panji-Panji Kebesar Partai. Dimulai dari apel 7.000 pasukan Satgas Cakra Buana dan penampilan Marching Band. Kemudian diikuti prosesi parade paskibraka dengan membawa bendera Merah Putih dan bendera PDIP. Selanjutnya, ribuan kader serempak menyanyikan hymne dan mars PDIP dengan penuh lantang.

Baca juga : Sahabat Ganjar Hadiri Puncak Peringatan Bulan Bung Karno Di GBK

Usai menyanyikan hymne dan mars PDIP dengan penuh semangat dan gemuruh ribuan kader, tidak berapa lama suasana pun hening. Semua kader berdisplin mengikuti prosesi acara kepartaian dengan khidmat.

Berikut Teks Dedication Of Life:

Saya adalah manusia biasa. Saya des tidak sempurna. Sebagai manusia biasa, saya tidak luput dari kekurangan dan kesalahan.

Hanya kebahagiaanku ialah dalam mengabdi kepada Tuhan, kepada Tanah Air, kepada bangsa.

Itulah dedication of life-ku

Baca juga : Bimbo Dan Ribuan Penari Kecak Bakal Ramaikan Puncak Bulan Bung Karno

Djiwa pengabdian inilah yang menjadi falsafah hidupku, dan menghikmati serta mendjadi bekal-hidup dalam seluruh gerak hidupku.

Tanpa djiwa pengabdian ini saja bukan apa-apa. Akan tetapi dengan djiwa pengabdian ini, saja merasakan hidupku bahagia, dan manfaat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.