Dark/Light Mode

Belum Disanksi Dewan Kehormatan Banteng

Simbolon Bisa Bernapas Lega

Selasa, 11 Juli 2023 08:00 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) didampingi Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Komarudin Watubun (kiri) dan politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon (kanan) memberi keterangan kepada awak media di DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023). (ANTARA/Putu Indah Savitri)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) didampingi Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Komarudin Watubun (kiri) dan politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon (kanan) memberi keterangan kepada awak media di DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023). (ANTARA/Putu Indah Savitri)

 Sebelumnya 
Kepada wartawan, Hasto menjelaskan isi pertemuannya dengan Effendi. Kata dia, Komaruddin sudah mengklarifikasi pernyataan Effendi terkait Prabowo. Dan kata dia, tidak benar kalau Effendi mendukung Prabowo. Effendi disebut tegak lurus mengikuti instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang sudah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Menurut dia, Effendi akan berjuang bersama memenangkan Ganjar.

“Pak Effendi sebagai kader partai taat sepenuhnya keputusan partai dan akan berjuang memenangkan Pak Ganjar,” kata Hasto.

Baca juga : Transaksi CPO Di Bursa Komoditas Sebaiknya Bersifat Sukarela

Hasto menambahkan, Prabowo diundang oleh Effendi dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan untuk memberikan pengetahuan soal bela negara. Ia membantah, jika kehadiran Prabowo maupun pernyataan Effendi itu menunjukkan sinyal dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu sebagai Capres.

“Proses klarifikasi sudah dilaksanakan sesuai mekanisme partai. Semua akan bergerak serempak di dalam turun ke bawah memenangkan Pak Ganjar, kemudian bergerak dalam memenangkan Pileg,” ujarnya.

Baca juga : Prabowo Nggak Peduli Sama Nasib Simbolon

Lalu apakah Effendi diberi sanksi? Politisi asal Yogyakarta ini mengatakan, partainya belum bisa menyimpulkan apakah Effendi melanggar aturan partai atau tidak. Menurut dia, klarifikasi Effendi akan menjadi bahan pertimbangan oleh Dewan Kehormatan PDIP. Jadi, konsekuensi maupun sanksi terhadap Effendi akan diputuskan dalam forum tersebut.

“Ya itu sudah dilakukan klarifikasi. Kami akan melaporkan di dalam rapat DPP partai,” cetusnya.

Baca juga : Kader Banteng Dilarang Mbalelo

Komarudin menyampaikan hal serupa. Kata dia, PDIP tidak mempermasalahkan mengenai Prabowo yang diundang dalam Rakernas PSBI. Hal yang dipermasalahkan adalah pernyataan Effendi dalam acara itu yang merepresentasikan dukungan pada Prabowo sebagai pemimpin.

Dia menegaskan, partai hanya menyoroti pernyataan Effendi yang menimbulkan tafsir seolah hendak berpindah haluan dari PDIP. Pasalnya, dalam konteks pencapresan, PDIP secara resmi telah mengusung Ganjar. Karena itu, kata dia, pemanggilan ini sebagai peringatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.