Dark/Light Mode

Foto Jokowi Dipasang Gerindra Dan PSI

Parpol Mencari Berkah Elektoral

Rabu, 12 Juli 2023 08:00 WIB
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara)
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Daya tarik Presiden Jokowi dalam Pilpres 2024 masih kuat. Sejumlah partai seperti Partai Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memasang foto-foto Jokowi untuk menaikkan elektabilitas. Mengetahui, foto eks Wali Kota Solo itu dipakai parpol lain, PDI Perjuangan (PDIP) sewot.

Jelang Pilpres, Gerindra dan PSI mulai memasang balihonya di daerah-daerah. Uniknya, selain memasang foto ketua umumnya, mereka juga memasang foto Jokowi di balihonya. Misalnya Gerindra yang memasang foto Prabowo Subianto bersama Jokowi.

Baca juga : Lomba Fotografi PYCH Binaan BIN Meriahkan Papua Street Carnival Kemenparekraf

PDIP angkat suara soal maraknya foto Jokowi dipasang partai lain. Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, semangat kepemimpinan Jokowi adalah mengetahui secara langsung persoalan rakyat, bukan memasang baliho.

“Kepemimpinan itu bukan menaruh gambar-gambar di pinggir jalan, tetapi maknanya adalah hadir menyelesaikan masalah rakyat, blusukan,” ujar Hasto kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Adrian San Tetap Merah

Menurut dia, iklan di baliho bukan jati diri Jokowi. Hasto ingat betul saat menjadi tim kampanye Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019. Saat itu, Jokowi justru tidak berkenan banyak baliho memasang foto dirinya.

Hasto menilai, sejumlah parpol yang memasang foto Jokowi akan kecele. Alih-alih mendapat efek elektoral, justru sebaliknya.

Baca juga : Pelakunya Diapain?

Karena itu, PDIP tidak akan menggunakan cara yang dilakukan Gerindra Cs untuk memenangkan Ganjar Pranowo. Menurut dia, PDIP meminta Ganjar blusukan untuk menarik hati rakyat.

Lalu apa kata Presiden Jokowi fotonya dipasang parpol? Jokowi menanggapinya, dengan santai. Kata dia, bukan hanya Gerindra dan Prabowo, sejumlah parpol juga memasang fotonya di daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.