Dark/Light Mode

Prabowo Teriak ”Hidup PKB”, Ini Kata Pengamat

Minggu, 3 September 2023 07:46 WIB
Ketua Umum Prabowo Subianto saat menerima dukungan dari Partai Gelora. (Foto: Ist)
Ketua Umum Prabowo Subianto saat menerima dukungan dari Partai Gelora. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teriakan "Hidup PKB" oleh bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto dalam acara deklarasi dukungan Partai Gelora menjadi sorotan.

Apalagi sebelumnya, Prabowo memberikan pidato politik menyinggung soal pengkhianatan. Dia mengatakan, situasi politik Tanah Air menjelang Pilpres 2024 saat ini sarat akan aroma pengkhianatan.

Prabowo menyebut semua pihak harus melakukan interospeksi dan belajar dari sejarah Indonesia. Menurut dia, Indonesia dulu bisa dijajah oleh Belanda karena adanya pengkhianat hingga terjadi adu domba.

Baca juga : Prabowo Tinjau Langsung Persiapan Muktamar Sufi Internasional Di Pekalongan

Menteri Pertahanan itu memang tidak menyebut PKB sebagai pengkhianat, bahkan, menjawab santai saat ditanya soal keluarnya PKB dari koalisi.

Namun pengamat politik M. Riza Widiyarsa menganalisa sikap Prabowo tersebut merupakan bentuk kekecewaan Prabowo terhadap Cak Imin.

“Prabowo terlihat kecewa dengan sikap Cak Imin dengan PKB. Hal ini terlihat dengan meneriakkan "hidup PKB" ketika meneriakkan yel yel kepada parpol pendukungnya," ujar Riza dalam keterangan tertulis, Minggu (3/9).

Baca juga : Prabowo Segera Sowan Bu Nyai Sinta Dan Ning Yenny

Menurut Riza, wajar jika Prabowo merasa kesal, karena PKB adalah partai pertama yang berkoalisi dengan Gerindra 

“Prabowo mungkin juga merasa dikhianati, karena PKB adalah partai pertama yang berkoalisi dengan Gerindra untuk menggusung Prabowo, akan tetapi malah bermanuver ke kubu Anies,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berteriak "hidup PKB" usai dideklarasikan Partai Gelora sebagai bakal capres 2024.

Baca juga : Prabowo Jemput Pangeran Khalid in Salman Dari Arab Saudi Langsung Depan Pesawat

Padahal, PKB telah keluar dari koalisi pendukung Prabowo setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menerima pinangan sebagai bakal cawapres Anies Baswedan.

Momen Prabowo meneriakkan "hidup PKB" tersebut terjadi di akhir acara deklarasi atau usai Prabowo menyampaikan pidato politiknya di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu (2/9/2023).
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.