Dark/Light Mode

Wakili Generasi Muda Jateng, Garda Pendowo Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

Jumat, 1 September 2023 09:00 WIB
Gerakan Muda Pendukung Ganjar Pranowo atau Garda Pendowo, mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar sebagai Presiden 2024-2029 di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (29/8) malam. (Foto: Ist)
Gerakan Muda Pendukung Ganjar Pranowo atau Garda Pendowo, mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar sebagai Presiden 2024-2029 di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (29/8) malam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah mendorong kaum muda dari berbagai daerah di Jateng untuk mendukungnya menjadi Presiden 2024-2029.

Dukungan kali ini dideklarasikan para pemuda yang menamakan dirinya sebagai Gerakan Muda Pendukung Ganjar Pranowo atau Garda Pendowo, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (29/8) malam.

"Jadi, hari ini kami mulai deklarasi dari komponen pemuda se-Jawa Tengah. Yang hadir di sini mewakili enam keresidenan se-Jawa Tengah yang dinamakan Garda Pendowo," kata Ketua Umum Garda Pendowo, Disa Ageng Alifven.

Ia mengatakan saat ini kelompoknya beranggotakan generasi z hingga milenial yang menyasar kalangan pelajar setingkat SMA hingga perguruan tinggi dan kalangan pemuda lainnya untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden.

"Tujuan kami bagaimana kaum milenial, generasi milenial, generasi Z untuk bisa bergabung bersama kami untuk mendukung pemenangan Bapak Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden Republik Indonesia 2024," tegas Disa.

Menurutnya, Garda Pendowo terbentuk dari keinginan para pemuda untuk ikut berkontribusi memajukan bangsa dan negara Indonesia melalui aspirasi yang disampaikan kepada Ganjar.

Disa menilai sosok Ganjar adalah seorang pemimpin yang sudah terbukti berhasil memajukan wilayah Jawa Tengah dengan berbagai program kerja yang dilakukan selama menjabat dua periode Gubernur di sana.

"Kami melihat dari beberapa indikator terkait dengan pengentasan kemiskinan. Kemudian, stabilitas harga pangan, kemudian pembukaan lapangan pekerjaan. Saya kira Pak Ganjar sudah 10 tahun beliau di eksekutif. Beliau sudah membuktikan di Jawa Tengah ini. Maka, kami dukung untuk di lingkup nasional beliau kami dukung menjadi Presiden Republik Indonesia," tuturnya.

Baca juga : Puji Toleransi Di Jateng, Perkumpulan Gereja Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

Deklarasi yang digelar malam itu diakui sebagai permulaan mereka untuk menggalang dukungan dari generasi muda kepada Ganjar dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Kemunculan Garda Pendowo mendapat sambutan positif dari masyarakat khususnya kaum muda di wilayah Jawa Tengah, sehingga hal itu memotivasi para sukarelawan untuk terus bergerak maju.

Adapun, target mereka adalah menyadarkan generasi muda yang enggan berpolitik atau masih apatis terhadap kondisi bangsa dan negara untuk memilih Ganjar sebagai Presiden Republik Indonesia selanjutnya.

"Hari ini kami mulai deklarasi, kemarin sudah mulai embrio-embrio dari kawan-kawan pemuda se-Jawa Tengah yang ditargetkan nanti yang mana pemilih pemuda yang dulu dianggap apatis terhadap politik praktis, pemilihan bangsa ini harus dilandasi oleh kaum-kaum intelektual, para pemuda yang ada di Jawa Tengah," kata Disa.

Program-program yang akan digulirkan para sukarelawan Garda Pendowo disebut meliputi kegiatan turun ke bawah (turba) untuk mengenalkan dan meyakinkan masyarakat mendukung Ganjar.

"Kami akan adakan program-program yang mana nanti bisa turba sampai ke kabupaten-kabupaten di 35 kabupaten kota," kata Disa memastikan.

Program-program mereka sekaligus akan menyerukan pesan persatuan dan kesatuan sehingga masyarakat tidak terpecah belah oleh provokasi dari pihak-pihak tertentu.

Dalam deklarasi itu, Disa pun mengingatkan semua pihak agar tidak terbawa polarisasi agama hingga kabar bohong alias hoaks yang marak menjelang tahun politik nanti.

Baca juga : Ratusan Santri & Kiai Kampung Pekalongan Deklarasi Dukung Prabowo Presiden 2024

"Jadi tujuan deklarasi kawan-kawan pemuda ini, Garda Pendowo ini adalah salah satunya untuk bagaimana mencegah polarisasi agama, menjaga toleransi dan menangkal hoaks yang ada di Jawa Tengah khususnya," katanya.

Untuk itu, diperlukan kepedulian para pemuda untuk berpartisipasi dalam menangkal hoaks dan menyukseskan pesta demokrasi, Pemilihan Umum 2024 mendatang.

"Bagaimana pemuda bisa berperan menangkal hoaks, mengklarifikasi berita-berita kebenaran. Sehingga, berita yang muncul di masyarakat bisa menjadi damai, sejuk. Maka kami sukseskan pesta demokrasi 2024, menjadi pesta yang riang gembira dan menyejukkan untuk kami semua," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta deklarasi asal Banyumas, Krisna Aditama sepakat untuk mengajak generasi muda di Jawa Tengah dan Indonesia untuk berkontribusi memajukan bangsa-negaranya.

Menurutnya, generasi muda memiliki kekuatan yang besar untuk ikut menentukan nasib bangsa dan negara ke depan dengan memilih calon pemimpin berjiwa muda seperti Ganjar Pranowo.

"Kami ingin menunjukkan bahwa milenial dan gen Z itu mampu merubah politik di Indonesia. Terutama Pak Ganjar sebagai persepsi kita kaum milenial dan gen Z. Jadi kita yakin bahwa ketika kita mengusung sesuatu yang sesuai dengan milenial dan gen Z itu kita bisa merubah politik Indonesia dari dulu seperti apa, besok akan menjadi seperti apa. Karena, sebagian besar pemilih nantinya itu adalah milenial dan gen Z," katanya.

Sosok Ganjar menurutnya adalah pemimpin yang mampu berbaur dengan masyarakat dari seluruh kalangan termasuk kaum muda yang jumlahnya diperkirakan mendominasi suara pemilih di Pemilihan Umum kali ini.

"Pak Ganjar itu sosok yang bisa membaur. Baik itu di kalangan yang tua, tengah ataupun di kalangan muda. Apalagi sekarang ini banyak pemilih yang dari kalangan muda dari milenial, gen Z tahun 90-an sampai tahun 2000-an rata-rata pemilih sekarang sudah 60 persen gen Z dan milenial jadi Pak Ganjar bisa masuk," tutur Krisna.

Baca juga : Raja Dan Ratu Di Sulbar Deklarasi Dukung Ganjar, Siap Menangkan Di Pilpres 2024

Terakhir, dia mewakili generasi muda di Jawa Tengah berharap Ganjar dapat terpilih menjadi Presiden 2024-2029 dan mengembangkan perekonomian berbasis usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Krisna beralasan, sebagian besar pelaku UMKM yang ada saat ini merupakan generasi muda yang akan menentukan kemajuan ekonomi nasional di masa mendatang.

"Harapan saya bisa membangkitkan UMKM terutama karena UMKM ini pasti dari gen Z, milenial karena mereka mungkin mindset bekerja tidak lagi kantoran, tapi bisa membuka usaha, membantu sesama, menjadi sosok entrepreneur," kata Krisna.

Dia juga berharap agar Ganjar lebih banyak melibatkan kaum muda dalam pemerintahannya kelak agar generasi muda ikut berkontribusi membangun negaranya.

"Jadi, harapan kami milenial dan gen Z akan mengisi kursi-kursi nantinya di 2024 ke sana akan diisi oleh milenial dan gen Z harapannya milenial dan gen Z dapat memberikan satu perubahan yang sangat berarti," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.