Dark/Light Mode

Ditunjukkan Di Rakernas IV PDIP

Jokowi-Mega Solid Menangkan Ganjar

Senin, 2 Oktober 2023 08:00 WIB
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi dan Capres PDIP Ganjar Pranowo memegang bibit Mari Sejahterakan Petani (MSP), di sela-sela Rakernas IV PDIP, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Bibit unggul padi ini ditemukan di Lampung oleh Surono Danu.
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi dan Capres PDIP Ganjar Pranowo memegang bibit Mari Sejahterakan Petani (MSP), di sela-sela Rakernas IV PDIP, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Bibit unggul padi ini ditemukan di Lampung oleh Surono Danu.

 Sebelumnya 
Jokowi mengatakan, saat ini terjadi kenaikan harga pangan dunia lantaran stok pangan ditahan oleh masing-masing negara. Menurut Jokowi, ada 19 negara sekarang ini sudah tidak mengekspor pangan.

Ia menilai apabila kondisi ini terus berlanjut, maka semua harga bahan pokok semuanya akan naik. Karena itu, ia sependapat dengan apa yang disampaikan Mega. Ia juga sangat setuju dengan ide dan gagasan Ganjar.

“Tadi saya bisik-bisik sama pak Ganjar. Nggak usah lama-lama, perencanaannya disiapkan sekarang. Nanti habis dilantik (jadi presiden), besoknya langsung masuk soal kedaulatan pangan. Sehingga kedaulatan pangan, swasembada pangan bisa kita miliki,” ucapnya.

Baca juga : Megawati Bahas Pemenangan Ganjar Dan Beri Pidato Penutupan

Presiden bilang, perubahan iklim telah membawa dampak pada perubahan kenaikan suhu bumi serta kekeringan di berbagai negara karena kemarau panjang. Di sisi lain, Kepala Negara menyampaikan kondisi belakangan turut memengaruhi pasokan pangan. Ke depan, kata Jokowi, Indonesia harus miliki rencana yang detail untuk membangun misalnya, embung dan irigasi.

“Artinya sekali lagi, pangan menjadi kunci, seperti disampaikan Bung Karno; pangan merupakan mati hidupnya suatu bangsa. Itu betul sekali,” tuntasnya.

Rekomendasi Hasil Rakernas

Baca juga : Megawati Pekikkan Salam Pancasila Bareng Wartawan

Kemarin, Rakernas IV PDIP yang digelar tiga hari itu, resmi ditutup. Rakernas ini menghasilkan 9 poin rekomendasi eksternal di sisi pangan. Hasil rekomendasi itu dibacakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Dia mengatakan, Rakernas IV membahas tentang kedaulatan pangan dengan memanfaatkan keanekaragaman hayati sampai budidaya demi mewujudkan kedaulatan pangan. Pertama, pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan secara keberlanjutan melalui diversifikasi pangan lokal. Kedua, peningkatan budidaya pertanian dan kualitas produksi pangan melalui riset dan inovasi yang dihasilkan BRIN yang berdampak bagi peningkatan kesejahteraan petani, nelayan, dan produsen pangan lainnya melalui penetapan harga dasar produk pangan penting dan perlindungan harga di tingkat produsen. Ketiga, konsistensi pelaksanaan perlindungan lahan-lahan pertanian produktif dari alih fungsi lahan.

Keempat, dukungan kebijakan moneter, fiskal, dan akses pembiayaan bagi petani, nelayan, dan produsen pangan lainnya. Kelima, peningkatan teknologi pengolahan atau hilirisasi, komoditas pangan secara produktif, efisien, berdaya saing, dan berkelanjutan dengan dukungan riset dan inovasi. Keenam, pembangunan Infrastruktur dan sarana produksi pangan secara tepat dan terintegrasi. Ketujuh, sinergisitas kebijakan pembangunan pangan antara pemerintah pusat dan daerah terutama dalam pelaksanaanya. Kedelapan, pemberlakuan bea masuk terhadap impor pangan untuk melindungi komoditas dan produk pangan dalam negeri, dan terakhir, menggunakannya bagi kebutuhan pembiayaan riset dan inovasi untuk peningkatan produksi pangan nasional secara keberlanjutan.

Baca juga : Hari Pamungkas Rakernas IV PDIP, Pameran Pangan Plus 2023 Dipadati Pelajar

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 2/10/2023 dengan judul Ditunjukkan Di Rakernas IV PDIP, Jokowi-Mega Solid Menangkan Ganjar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.