Dark/Light Mode

Ditunjukkan Di Rakernas IV PDIP

Jokowi-Mega Solid Menangkan Ganjar

Senin, 2 Oktober 2023 08:00 WIB
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi dan Capres PDIP Ganjar Pranowo memegang bibit Mari Sejahterakan Petani (MSP), di sela-sela Rakernas IV PDIP, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Bibit unggul padi ini ditemukan di Lampung oleh Surono Danu.
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi dan Capres PDIP Ganjar Pranowo memegang bibit Mari Sejahterakan Petani (MSP), di sela-sela Rakernas IV PDIP, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Bibit unggul padi ini ditemukan di Lampung oleh Surono Danu.

 Sebelumnya 
Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, menyampaikan ada banyak cara untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Salah satunya adalah, menggenjot riset dan teknologi di bidang pertanian dan perikanan. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan perguruan tinggi harus dilibatkan untuk mewujudkan inovasi di dua bidang itu. “Sudah banyak inovasi yang ada saat ini, kita harus terus optimalkan itu,” ucapnya.

Cara lain, penegakan hukum dan penataan tata ruang. Ilegal fishing harus diberantas. Pengelolaan pangan harus dilakukan dengan baik dari hulu ke hilir. Selain mengembangkan inovasi teknologi dan modernisasi, pemenuhan sarana prasarana pertanian dan perikanan juga menjadi penting. Upskilling serta pemberian bantuan, insentif dan sarana lain juga harus tepat sasaran.

Baca juga : Megawati Bahas Pemenangan Ganjar Dan Beri Pidato Penutupan

Ganjar bilang, tidak bisa mengharapkan berdikari dari pangan ini tanpa melakukan perubahan besar dari sisi teknologi. Yang tak kalah penting adalah perlunya satu data. Data yang tidak berbeda antar kementrian. Satu data ini penting untuk menjadi rujukan dalam menentukan kebijakan termasuk dalam politik pangan.

Selain itu, Ganjar juga mengatakan, pemerintah harus memastikan bantuan insentif seperti bantuan bibit, pupuk, sarana perikanan, tangkap dan budidaya.

Baca juga : Megawati Pekikkan Salam Pancasila Bareng Wartawan

“Politik pangan ini sangat penting. Apabila kita bisa meningkatkan sektor pangan untuk kesejahteraan rakyat, maka kita bisa membawa Indonesia berdikari dan berdaulat. Dengan berpihak pada petani dan nelayan, maka kita bisa mempercepat untuk berdikari di bidang pangan,” pungkasnya.

Ide Ganjar soal mewujudkan kedaulatan pangan ini, mendapat pujian dari Jokowi. Mantan Walikota Solo itu yakin, Ganjar mampu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia itu.

Baca juga : Hari Pamungkas Rakernas IV PDIP, Pameran Pangan Plus 2023 Dipadati Pelajar

“Tadi sudah disampaikan Ibu Ketua Umum Megawati terkait bagaimana kita harus menyiapkan pangan kita. Saya setuju sekali. Dan lebih setuju lagi dengan apa yang disampaikan Capres kita, pak Ganjar Pranowo,” kata Jokowi, yang disambut tepuk tangan hadirin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.