Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tanpa Syarat, Rekonsiliasi Airlangga-Bamsoet Untuk Golkar

Minggu, 29 September 2019 10:51 WIB
Airlangga Hartarto (kiri) dan Bambang Soesatyo (Foto: Antara/Wahyu Putro A)
Airlangga Hartarto (kiri) dan Bambang Soesatyo (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rekonsiliasi antara kedua tokoh Partai Golkar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) kini telah terjalin, sejak pertemuan di Jakarta, Jumat (27/9). Namun, itu tak berarti bagi-bagi kekuasaan.

Perdamaian mereka merupakan salah satu bagian dari dukungan partai beringin, agar situasi politik di Tanah Air, tak bertambah panas.

Airlangga menegaskan, membaiknya kondisi internal, membuat Golkar semakin siap untuk terus mendukung dan mengamankan agenda-agenda kenegaraan.

“Termasuk, pelantikan anggota DPR dan MPR tanggal 1 Oktober nanti. Terkait dengan pemilihan, baik itu di DPR mau pun di MPR, tentunya ini juga menjadi bagian dari konsolidasi Partai Golkar,” ujarnya.

Baca juga : Darul Siska: Airlangga Pilih Bamsoet Jadi Pimpinan MPR

Airlangga tak menyebut adanya kemungkinan pembagian kekuasaan dengan Bamsoet. Namun, secara tegas, ia menyatakan akan mendukung potensi seluruh kader Partai Golkar yang ada saat ini.

Di tubuh Golkar, ada beberapa kader muda dari berbagai daerah, yang siap diorbitkan menjadi pemimpin di parlemen.

“Tentunya, Partai Golkar dengan support dari kader partai seluruhnya. Dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Pulau Rote, kita akan bersama-sama dengan anggota koalisi lain mendukung pemerintah. Di tengah situasi seperti ini, Golkar harus menunjukkan ketenangan berpolitik. Kita mementingkan kepentingan nasional, kepentingan Republik Indonesia,” ujar Airlangga.

Lewat rekonsiliasi dan konsolidasi itu, Airlangga berharap, Golkar terus merapatkan barisan untuk menghadapi sejumlah persoalan di Indonesia. Terutama, menghadapi peristiwa genting, seperti yang terjadi pada akhir-akhir ini.

Baca juga : Bamsoet: Kami Sepakat Cooling Down untuk Turunkan Tensi Politik

Hal itu sudah diamini oleh Bamsoet, seperti dalam pernyataannya kepada media Jumat lalu. “Saya mengambil keputusan hari ini, dan nenyatakan menghilangkan perbedaan, menghilangkan persaingan. Serta membangun narasi yang sama di Partai Golkar. Saya bersama Ketua Umum Airlangga Hartarto saling memahami. Bila kami berdua kompak, maka persoalan apa pun yang dihadapi partai, bisa diselesaikan,” ungkap Bamsoet.

“Untuk itu saya menyampaikan pada Ketua Umum Airlangga Hartarto, bahwa saya tetap mendukung beliau menjadi Ketua Umum Golkar pada Munas Desember mendatang,” tandas Bamsoet.

Pernyataan Bamsoet ini langsung direspon dengan positif oleh Airlangga. Keduanya yakin, persatuan di antara mereka tak hanya menguatkan Golkar, tetapi juga bangsa Indonesia.

Rekonsiliasi itu tentunya bisa terjadi, tanpa harus menonjolkan kepentingan dan agenda masing-masing.

Baca juga : Ical Apresiasi Pertemuan Airlangga-Bambang dan Azis Syamsudin

“Ini merupakan sebuah situasi yang membanggakan, karena dengan statement dari Pak Bambang Soesatyo, Partai Golkar memilih untuk konsolidasi internal di tengah situasi politik yang kurang kondusif,” ujar Airlangga.

Ia sangat bersyukur apabila Bamsoet beserta para pendukungnya bisa berlapang dada, menerima apa pun hasil rekonsiliasi dan konsolidasi yang mereka lakukan untuk Golkar.

“Terima kasih pada Pak Bambang Soesatyo dan para pendukungnya. Kami akan merajut persatuan dan kesatuan, persaudaran, dan persahabatan di antara kita. Maju terus Partai Golkar, maju terus bangsaku tercinta,” pungkas Airlangga. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.