Dark/Light Mode

Partai Garuda Imbau Capres Sudahi Kampanye Manfaatkan Penyandang Disabilitas

Rabu, 4 Oktober 2023 15:51 WIB
Teddy Gusnaidi (Foto: Ist)
Teddy Gusnaidi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengkritik sikap Ganjar Pranowo yang memamerkan kedekatannya dengan penyandang disabilitas.

"Apakah benar Ganjar Pranowo peduli dengan penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan seperti yang digembar-gemborkan? Atau penyandang disabilitas hanya dimanfaatkan, difoto untuk dijadikan objek pencitraan?" kata Teddy dalam keterangan tertulis, Rabu (4/10/2023).

Teddy menjelaskan berdasarkan UU Penyandang Disabilitas, kepala daerah wajib menempatkan penyandang disabilitas untuk bekerja di pemerintah daerah dan BUMD paling sedikit 2 persen dari jumlah pekerja di sana.

Kepala daerah wajib menempatkan penyandang disabilitas untuk bekerja di perusahaan swasta paling sedikit 1 persen dari jumlah pekerja di sana.

Baca juga : Partai Garuda Sebut Ganjar Tak Mengerti UU Disabilitas

Pemerintah Daerah, BUMD dan Perusahaan Swasta wajib juga untuk mempekerjakan.

Teddy mengungkapkan data BPS Jawa Tengah menunjukkan jumlah orang yang bekerja di pekerjaan dan lapangan pekerjaan utama di Jateng sebesar 18.390.459 orang.

Berdasarkan data Disnaker Jateng, jumlah penyandang disabilitas yang sudah dipekerjakan sebesar 2.057 orang.

Menurutnya, jumlah tersebut jika dikali dengan kewajiban untuk mempekerjakan penyandang disabilitas, baru terpenuhi sebesar 1,12 persen.

Baca juga : Hidayat Nur Wahid: Jangan Cuma Sasar Caleg Petahana Dong

Itu baru dihitung dari kewajiban 1 persen, belum jika dihitung dari kewajiban 2 persen.

Teddy melanjutkan berdasarkan UU Pemerintahan Daerah, sebagai Gubernur, Ganjar adalah wakil pemerintah pusat yang ditugaskan untuk pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten dan kota, yaitu bupati dan wali kota.

"Jadi yang dipublikasikan Ganjar bersama penyandang disabilitas adalah bagian dari seremonial penyelenggaraan pemerintahan," bebernya. 

Artinya, kata Teddy, Ganjar sama sekali tidak melaksanakan tugasnya dalam pembinaan dan pengawasan.

Baca juga : Guspardi Gaus: Masa Kampanye Sudah Diatur KPU

"Sudahi kampanye dengan memanfaatkan penyandang disabilitas dan kaum yang lemah. Kampanyekan gagasan dan program," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.