Dark/Light Mode

Bawaslu Imbau Caleg Petahana Tak Kampanye Saat Kegiatan Reses

Hidayat Nur Wahid: Jangan Cuma Sasar Caleg Petahana Dong

Minggu, 1 Oktober 2023 06:30 WIB
Hidayat Nur Wahid, Bakal Caleg Petahana. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Hidayat Nur Wahid, Bakal Caleg Petahana. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengimbau para anggota DPR atau DPRD tidak menjadikan reses atau kunjungan kerja ke konstituennya, sebagai ajang kampanye. Bawaslu meminta reses dilakukan seperti biasa saja.

Anggota Bawaslu Puadi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) memang diatur, bahwa anggota DPR/DPRD harus menyampaikan reses kepada konstituennya. Tetapi, kata dia, jangan sampai kunjungan kerja ke konstituen itu dimanfaatkan untuk kampanye.

Baca juga : Guspardi Gaus: Masa Kampanye Sudah Diatur KPU

“Namanya reses, menyampaikan kepada konstituen seperti biasa. Tapi, tidak boleh ada ruang kampanye, terutama Calon Anggota Legislatif yang sedang melakukan reses tersebut,” cetus Puadi dalam Workshop Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri, Rabu (27/9/2023).

Puadi juga mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas memfasilitasi reses tersebut, harus bisa memposisikan diri tetap netral. Serta, menjalankan tugas sesuai aturan perundang-undangan.

Baca juga : Partai Garuda: Jalan Pintas Bagi Calon Tak Berprestasi

Puadi mewanti-wanti agar ASN tidak menunjukkan keberpihakan kepada peserta Pemilu, sehingga tidak ada pihak yang merasa diuntungkan atau dirugikan.

Atas imbauan tersebut, bakal caleg petahana dari DPR angkat bicara. Misalnya, Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Baca juga : Trotoar Cantik Jangan Cuma Di Thamrin Dong

Berikut wawancara dengan Hidayat Nur Wahid mengenai hal tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.