Dark/Light Mode

Fokus Pileg, PKN Abstain Di Pilpres 2024

Senin, 30 Oktober 2023 15:26 WIB
Fokus Pileg, PKN Abstain Di Pilpres 2024

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Nasional (PKN ) yang dipimpin Anas Urbaningrum memutuskan untuk tidak memberi dukungan secara resmi kepada seluruh pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024.

"PKN lebih memilih fokus menghadapi pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024," ujar Wakil Ketua Umum PKN, Gerry Hable Hukubun dalam keterangannya, Senin (30/10).

Baca juga : Yenny Wahid Dan Barisan Gus Dur Resmi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Ia mengatakan, sebagai partai baru, PKN tidak memiliki kewenangan administratif untuk mengusung pasangan capres cawapres pada Pilpres 2024.

"Sebagai partai baru, PKN putuskan abstain di Pilpres 2024 dan memilih fokus pada Pileg 2024," ujarnya.

Baca juga : Din Yakin, Warga Muhammadiyah Dukung Anies-Imin Di Pilpres 2024

Menurutnya, kader adalah aset dan harta bagi PKN yang harus didahulukan kepentingannya.

"Jadi kita memilih fokus untuk bersama-sama menghadapi Pileg pemilu legislatif," tutupnya.

Baca juga : Mahfud Pastikan Aparat Negara Netral Di Pemilu 2024

Pada Pemilu Serentak 2024, KPU mencatat ada empat partai politik baru yang resmi menjadi peserta, yaitu Partai Kebangkitan Nasional (PKN), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Buruh, dan Partai Ummat. KPU juga  telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.