Dark/Light Mode

Soal Hubungan Jokowi Dan PDIP

Puan Ngademin

Rabu, 1 November 2023 08:00 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri). (Foto: Antara)
Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan ini juga, Djarot memastikan, Jokowi berserta menantu Jokowi yang juga Wali Kota Medan, Bobby Nasution masih berstatus sebagai kader Banteng. Sementara, Gibran sudah dijatuhi sanksi usai menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Sanksi itu diberikan secara tertutup dan tidak diumumkan ke publik. Jenis sanksi di PDIP ada yang terbuka dan disampaikan ke publik dan ada juga yang bersifat tertutup. Hal tersebut tertulis dalam AD/ART partai.

Sementara, Jokowi ogah menanggapi pernyataan PDIP yang merasa ditinggalkan dirinya dan keluarganya. “Saya tidak ingin mengomentari,” ujarnya.

Baca juga : Benarkan Rencana Pertemuan Jokowi Dengan 3 Capres, Ngabalin: Biar Adem Dan Damai

Apa kata pengamat mengenai sikap Puan yang berusaha ngademin hubungan Jokowi dengan PDIP? Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad mengapresiasi, sikap Puan. Dia bilang, kapabilitas Puan dalam berpolitik semakin teruji.

“Upaya menetralisir keadaan politik yang sedang memanas menunjukkan kematangan politik seorang Puan Maharani,” imbuh Saidiman kepada Rakyat Merdeka, Selasa (31/10/2023).

Menurutnya, Puan memberikan contoh positif kepada publik dalam berpolitik. Sebab, isu keretakan hubungan presiden dan PDIP bisa berdampak negatif pada PDIP jika tidak mendapatkan respons yang tepat.

Baca juga : Ditinggalkan Jokowi Dan Keluarga, Banteng Terluka Dalam

“Saya melihat respons Puan tersebut diambil secara hati-hati untuk meminimalisir dampak negatifnya pada partai. Bagaimana pun, Jokowi adalah figur yang sangat populer dengan approval rating yang sangat tinggi,” pungkas dia.

Sebelumnya, tensi politik antara Jokowi dan PDIP memanas akhir-akhir ini. Salah satunya disebabkan oleh Jokowi yang merestui putra sulungnya yang juga kader PDIP, Gibran menjadi Cawapres Prabowo. Padahal PDIP telah mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024 mendatang.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 1/11/2023 dengan judul Soal Hubungan Jokowi Dan PDIP, Puan Ngademin

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.