Dark/Light Mode

Disindir Pakai Survei Metode Langit

AMIN Yakin Bisa Menang Satu Putaran

Minggu, 5 November 2023 07:30 WIB
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan. Foto: Istimewa
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin, berdasarkan tanda dan surveinya, dia dan Capres Anies Baswedan (AMIN) bakal menang satu putaran.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP), salah satu partai pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mempertanyakan survei yang dimaksud Cak Imin. Mungkin saja, kata PPP, Cak Imin pakai survei metode “langit”.

Namun Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan santai saja mendengar sindiran PPP. Kalaupun tanda langit, apa salahnya.

Bagi Daniel, wajar setiap Capres- Cawapres membangun optimisme kader dan para pendukung.

Baca juga : Penyidik Polda Metro Panggil Lagi Firli Bahuri Selasa Pekan Depan

"Tapi di luar itu, ini memang survei beneran yang kita lakukan secara internal kok. Yang hasilnya sangat membesarkan hati, dan ini mendorong kader dan relawan semakin militan dan semangat, gaspollah," kata Daniel kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sedangkan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid balik menantang para penyindir duet AMIN. Yang penting, seluruh partai pendukung dan relawan, makin sinergi memenangkan duet AMIN.

"Kita santai saja. Yang penting nanti kita buktikan, seluruh jejaring AMIN berkerja cerdas dan keras untuk perubahan nasib bangsa ini," tambah Gus Jazil, sapaan karibnya.

Diakui, AMIN memang memadukan survei bumi dan langit untuk perjuangan satu putaran. Dia pun mengakui, perjuangan dalam Pilpres 2024 ini tidak mudah.

Baca juga : Adi Prayitno: AMIN Memang Di Posisi Ketiga

"Memang pakai langit dan bumi. Intinya, kami semakin semangat. Keyakinan dan keinginan masyarakat untuk mengubah nasib menjadi energi besar bagi pasangan AMIN," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi menyebut, optimisme satu putaran Cak Imin mungkin memakai metode survei langitan.

"Mungkin survei Cak Imin metodenya berbeda dengan survei-survei yang umum. Barangkali survei langit. Kalau saya tak tahu metodologi survei langit itu seperti apa," kata pria yang akrab disapa Awiek ini.

Dikatakan Awiek, lembaga survei kredibel telah merilis berbagai hasil survei Pilpres. Hampir semua, menempatkan elektabilitas AMIN berada di posisi buncit.

Baca juga : Mitos atau Fakta, Kawat Bra Bisa Sebabkan Kanker Payudara?

"Mengacu pada lembaga survei kredibel, hasil hampir sama semua, satu sama lain, metodologinya jelas," katanya.

Kendati demikian, Awiek tak mempermasalahkan klaim Cak Imin.

"Namanya orang berkontestasi harus menyebut dirinya nomor satu. Kan tidak ada kecap nomor dua," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.