Dark/Light Mode

Sudah Kembalikan KTA PDIP

Gibran Hari Ini Jadi Kader Golkar?

Senin, 6 November 2023 08:33 WIB
Gibran Rakabuming Raka saat menerima mandat Cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dalam Rapimnas Partai Golkar ke-2, di Jakarta, Sabtu (21/10). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Gibran Rakabuming Raka saat menerima mandat Cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dalam Rapimnas Partai Golkar ke-2, di Jakarta, Sabtu (21/10). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP dan dinyatakan bukan kader Banteng lagi. Setelah tak lagi jadi kader banteng, muncul isu Gibran akan diresmikan menjadi kader Golkar, hari ini. Betulkah?

Kabar Gibran sudah mengembalikan KTA PDIP disampaikan Sekjen PDIP PDIP Hasto Kristiyanto. Menurut politisi asal Yogyakarta ini, Gibran sudah pamit dari PDIP. KTA PDIP Gibran sudah dikembalikan ke DPC PDIP Solo.

"Sudah diselesaikan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta, karena Mas Gibran kan menerima KTA dari DPC Kota Surakarta sehingga tidak lagi beranggota PDI Perjuangan karena sudah pamit," kata Hasto, di Denpasar, Bali, Minggu (5/11/2023).

Baca juga : Puan: Kawan Lama... Kini Jadi Musuh Baru

Sebenarnya, lanjut Hasto, saat menerima pinangan Prabowo Subianto untuk menjadi Cawapres, Gibran sudah bukan kader PDIP lagi. Pengembalian KTA PDIP tersebut hanya sebagai bentuk formal pamit Gibran. "Otomatis ketika seseorang sudah dicalonkan partai lain, ya KTA-nya tidak boleh rangkap," tegasnya,

Tak hanya pamit dari PDIP, Gibran juga dikabarkan akan pindah ke Partai Golkar. Kata Hasto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sudah meneleponnya soal kepindahan Gibran ke Beringin.

"Pak Airlangga menyampaikan, Mas Gibran ini akan ‘di-kuningkan'. Maka, otomatis Gibran sudah tidak menjadi bagian dari keluarga PDIP lagi," kata Hasto.

Baca juga : Wujudkan Swasembada, Mentan Amran Ajak Kader ICMI Garap Pertanian

Hasto menambahkan, Gibran sudah mengirimkan surat pengunduran diri, sehingga secara etika politik terpenuhi. Tak hanya mengirim surat pengunduran diri, Gibran juga sudah pamit ke Ketua DPP PDIP Puan Maharani. "Itu artinya Gibran pamit untuk dicalonkan dengan Partai Gerindra dan Golkar," ujarnya.

Peresmian Gibran menjadi kader Beringin dikabarkan dilegar hari ini, Senin (6/11), berbarengan dengan perayaan HUT ke-59 Partai Golkar. Namun, pihak Golkar belum mau bicara banyak mengenai hal ini.

Ketua DPP Golkar Dave Laksono contohnya, menyatakan, untuk kepastiannya, lebih baik menunggu perayaan HUT ke-59 Golkar. "Pak Ketum Airlangga yang akan menyampaikan," kata Dave, saat dikonfirmasi, Minggu (5/11/2023). 

Baca juga : AMPG DKI Siap Menangkan Gibran Di Jakarta

Perayaan HUT Golkar ini akan berlangsung meriah. Presiden Jokowi dan Ketum Partai Gerindra yang juga Capres Koalisi Indonesia Maju (KIB) Prabowo Subianto, dijadwalkan hadir.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (6/11), dengan judul “Sudah Kembalikan KTA PDIP, Gibran Hari Ini Jadi Kader Golkar?

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.