Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelaran Syukuran Pelantikan Jokowi Dimulai Dari Yogyakarta

Senin, 14 Oktober 2019 22:08 WIB
Ketua Panitia Pelaksana Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, Andi Gani Nena Wea (tengah). (Foto: ist)
Ketua Panitia Pelaksana Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, Andi Gani Nena Wea (tengah). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Syukuran pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan digelar di beberapa kota di Tanah Air. Yogyakarta menjadi tempat pertama yang akan menggelar syukuran. Tepatnya 19 Oktober.

Ketua Panitia Pelaksana Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, Andi Gani Nena Wea menjelaskan, acara syukuran di Yogyakarta melibatkan ribuan peserta. Kegiatan di Yogyakarta, dimulai pukul 15.00 WIB dan diisi oleh marching band Universitas Gajah Mada (UGM) serat barisan prajurit keraton. 

"Di Yogyakarta melibatkan ribuan peserta. Kegiatan ini diinisiasi oleh Widihasto W Putra," katanya dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin (14/10).

Baca juga : Prasetio Edi Marsudi Resmi Dilantik Jadi Ketua DPRD DKI Jakarta

Selanjutnya, kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), kegiatan dilanjutkan di Kuningan, Jawa Barat. Menurutnya, komunitas milenial yang punya ide untuk menyelenggarakan syukuran inagurasi.

Andi Gani menuturkan, di Kuningan akan mulai dilakukan rangakaian acara tepat jam 08.00 WIB. Kemudian, puncaknya ada di Jakarta bertepatan dengan pelantikan pada 20 Oktober.

Menurut pemimpin Konfederasi Buruh se-ASEAN ini, acara di Jakarta akan dimulai sejak pukul 12.00 di area Patung Kuda sampai Istana Merdeka. Akan ada sekitar 6 panggung disiapkan untuk kegiatan seni dan budaya. 

Baca juga : Amankan Pelantikan Jokowi-Maruf, TNI-Polri Kerahkan 30 Ribu Personel Gabungan

Lalu, pukul 14.00 WIB dijadwalkan akan ada nonton bareng pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Maruf Amin. Untuk itu, panitia telah menyiapkan layar besar (videotron) yang akan menyiarkan secara langsung pelantikan dari Gedung MPR/DPR.

"Jadi nanti kita setop dulu semua kegiatan untuk nonton bareng pelantikan," ujarnya.

Setelah pelantikan, lanjut Andi Gani, acara dilanjutkan dengan kegiatan seni budaya sambil menunggu kedatangan Presiden dan Wakil Presiden ke lokasi acara. 

Baca juga : Kebakaran Berhasil Dipadamkan, Pelni Pastikan Aktivitas Penjualan Tiket Tak Terganggu

"Parade seni budaya dari seluruh provinsi di Indonesia akan dimulai lagi jelang kedatangan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tiba di Istana Merdeka," jelasnya.

Andi Gani menambahkan, selain parade dan pawai budaya akan ada kuliner khas Nusantara yang dijajakan di sepanjang jalan dan dipastikan gratis untuk masyarakat. Andi Gani memprediksi ratusan ribu masyarakat akan tumpah ruah memenuhi jalanan pada saat acara ini digelar.

"Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Akan ada tamu-tamu juga dari negara-negara  sahabat yang ikut serta memeriahkan," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.