Dark/Light Mode

Desak Stop Perang Palestina-Israel, Partai Buruh Geruduk Kedubes AS

Kamis, 21 Desember 2023 14:45 WIB
Partai Buruh terus melakukan aksi solidaritas terhadap Palestina. Partai pimpinan Presiden Said Iqbal ini, menggeruduk Kedutaan Besar Amerika Serikat AS untuk Indonesia, di Jakarta, Kamis (21/12/2023). Foto: Istimewa
Partai Buruh terus melakukan aksi solidaritas terhadap Palestina. Partai pimpinan Presiden Said Iqbal ini, menggeruduk Kedutaan Besar Amerika Serikat AS untuk Indonesia, di Jakarta, Kamis (21/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Buruh terus melakukan aksi solidaritas terhadap warga Palestina. Partai pimpinan Presiden Said Iqbal ini, menggeruduk Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Sang Presiden, menyerukan hentikan perang, dan lakukan gencatan senjata permanen.

"Kami mendukung kemerdekaan Palestina dan meminta agar perdamaian segera tercipta," ujar Said Iqbal.

Presiden Partai Buruh menyampaikan, pihaknya selalu berdiri untuk perdamaian dan keadilan.

Baca juga : FSPMI Siap Menangkan Caleg Partai Buruh

Menurutnya, solusi damai adalah satu-satunya jalan memastikan masa depan yang aman dan sejahtera bagi kedua bangsa.

"Kami mengecam keras segala bentuk kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia yang telah terjadi. Seruan ini bukan hanya suara kami, tetapi suara rakyat yang menginginkan perdamaian," tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mendesak AS agar tidak melakukan veto terhadap resolusi damai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sehingga perdamaian dan kerdekaan Palestina bisa segera terwujud.

Pemantauan RM.id, tepat di depan Gedung Kedubes AS di Jakarta, Sang Presiden menyuarakan empat tuntutannya untuk menciptakan perdamaian di Palestina. Pertama, hentikan perang Palestina versus Israel

Baca juga : Partai Buruh Mau Kepung Gedung MK, Istana, Dan Kedubes AS

Kedua, Amerika tidak menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB. Dengan kata lain, Partai Buruh meminta AS menyetujui resolusi yang telah diajukan oleh negara-negara dalam DK PBB.

Ketiga, meminta resolusi yang dikeluarkan PBB terkait dua negara merdeka Palestina dan Israel dengan ibu kota Yerusalem untuk Palestina, segera untuk dilaksanakan.

Terakhir, meminta negara AS, ihwal ini Presiden Joe Biden segera terlibat aktif dalam pembentukan pasukan perdamaian PBB. Atau, membuka akses seluasnya secara permanen misi perdamaian kemanusiaan. Sehingga, bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Gaza.

"Itulah empat permintaan yang diajukan Partai Buruh secara resmi sebagai sebuah parpol peserta Pemilu di Indonesia," pungkasnya.

Baca juga : SPN Deklarasi Menangkan Partai Buruh

Diketahui, empat tuntutan tersebut disampaikan melalui surat resmi ke kedutaan AS. Surat tersebut, disampaikan melalui salah satu staf Kementerian Luar Negeri Indonesia yang bertugas di Kedubes AS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.