Dark/Light Mode

Hensat: PDIP, Gerindra Dan PKB Akan Jadi Pemenang Pemilu

Jumat, 29 Desember 2023 20:39 WIB
Hendri Satrio. (Foto: Ist)
Hendri Satrio. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Founder Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio mengatakan, tiga besar partai politik di Pemilu 2024 akan diperebutkan oleh PDIP, Gerindra dan PKB.

Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio menuturkan,  PDIP akan memuncaki klasemen partai disusul Gerindra dan PKB. Analisa ini berdasarkan pertarungan ketiga partai tersebut yang akan mendapatkan coat tail effect langsung dari para calon presidennya.

"PDI Perjuangan akan mendapatkan coat tail effect dari Ganjar Pranowo, sedangkan Prabowo akan memberikan coat tail effect yang besar sekali kepada Gerindra, dan Muhaimin Iskandar yang akan memberikan coat tail effect kepada PKB di kubu Anies-Muhaimin,” jelasnya kepada wartawan Jumat (29/12/2023).

Baca juga : Sambangi Desa Hutumuri, Kaesang Diangkat Jadi Ayah Angkat Hutumuri

Hensat memberikan alasan mengapa NasDem tidak menempati posisi tiga besar meski menjadi partai politik pertama yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Menurut dia, walaupun NasDem mendapatkan coat tail effect dari Anies, tapi eks Gubernur DKI Jakarta itu bukanlah kader NasDem.

“Sehingga pemilih tidak langsung menganggap bahwa NasDem adalah Anies, meskipun menurut hasil survei KedaiKOPI salah satu alasan responden memilih NasDem adalah karena Anies,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hensat mengungkapkan, apabila PKB berhasil masuk menjadi tiga besar, maka hal tersebut merupakan suatu prestasi besar bagi partai tersebut. "2024 akan menjadi pencapaian tertinggi bagi PKB bila perhelatan pemilu sesuai dengan perkiraan PKB,” imbuhnya.

Baca juga : Survei Terbaru Indikator: PDIP Teratas, Gerindra Membayangi

Menurut dia, hadirnya Muhaimin di dalam kertas suara tentu saja akan menguntungkan PKB secara langsung. Hensat memperkirakan partai ini akan mendapatkan tempat tertinggi di dalam pemilu sepanjang keikutsertaan mereka dalam proses Pemilu.

Selain tiga partai tersebut, Hensat juga memprediksi ada beberapa partai lain yang suaranya akan melonjak karena mendapatkan coat tail effect dari capres-cawapres salah satunya PKS. "PKS saya prediksi akan menempati urutan kedua terbesar sebagai penyokong. Sehingga urutannya akan PKB, PKS, lalu NasDem,” ungkapnya.

Sementara itu, Hensat meyakini di pengusung Prabowo selain Gerindra yang akan mendapatkan coat tail effect bagus adalah Golkar. "Golkar akan dapat coat tail effect meski lonjakannya tidak besar atau bahkan angkanya akan turun dibandingkan hasil di Pemilu 2019 silam," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.