Dark/Light Mode

Banteng Jatim Pede Suara Capres-Cawapres Lebih Tinggi Dari Suara Partai

Minggu, 7 Januari 2024 09:43 WIB
Ketua Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud Jatim yang juga Caleg PDI Perjuangan nomor urut 3 Dapil Jatim 1 Laksamana Madya Purn Agus Setiadji. Foto: Istimewa
Ketua Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud Jatim yang juga Caleg PDI Perjuangan nomor urut 3 Dapil Jatim 1 Laksamana Madya Purn Agus Setiadji. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil surveil Lembaga Survei Indonesia (LSI) elektabilitas PDI Perjuangan di Jawa Timur (Jatim) berada di nomor 1, yakni 22,5 persen. Namun, untuk Capres-Cawapres, Ganjar-Mahfud hanya di posisi kedua dengan angka 26,6 persen.

Politisi PDI Perjuangan, Laksamana Madya (Purn) Agus Setiadji bersyukur Banteng nomor satu di Jatim. "Di survei internal kami, PDI Perjuangan juga unggul di Jawa Timur," kata Agus kepada RM.id, Sabtu (6/1/2024).

Menurut Agus, ada beberapa yang menjadi kekuatan PDIP. Pertama, militansi pendukung yang kuat sehingga tidak terpengaruh dengan berbagai upaya untuk menurunkan kepercayaan kepada PDIP.

Disebutkan, sejumlah wilayah yang sangat kuat menjadi basis Banyeng di Jatim adalah Surabaya, Malang Raya Banyuwangi, Ngawi, dan sebagian lainnya. "Basis kami kokoh tidak goyah," tuturnya.

Dia pun yakin, elektabilitas PDIP yang tinggi akan linear dengan elektabilitas Capres-Cawapres yang diusung. Bahkan, angkanya akan lebih tinggi.

Baca juga : Tanggapi Pertemuan Jokowi-Prabowo, Kaesang: Keduanya Berteman Baik

Untuk itu, pihaknya melaksanakan metode door to door dengan mendatangkan beberapa tokoh. Dari mulai Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Istri Ganjar Siti Atikoh, Yenny Wahid, dan tokoh berpengaruh lainnya di Jatim.

"Beliau-beliau ini keliling Sidoarjo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Probolinggo, Situbondo, Madura serta segera akan ke daerah Mataraman dan pantai utara. Mbak Yenny, Bu Atiqoh, sampai Alam putra Pak Ganjar turun memberikan penekanan kepada akar rumput," ungkap Ketua Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud Jatim ini.

Pihaknya diberi arahan oleh TPN untuk bergerak langsung ke masyarakat akar rumput seperti nelayan dan petani yang belum digarap.

"Prof. Mahfud selain datang ke Ponpes, juga bertemu dengan nelayan dan petani Muncar," tambahnya.

Dia pun mengimbau, para pendukung jangan pernah lelah bergerak. Libatkan para relawan, partai koalisi juga para Caleg. Dia yakin prediksi suara PDIP dan partai koalisi akan linier dan bahkan bisa lebih besar dari suara partai.

Baca juga : 3 Cawapres Cerdik Dan Santai

"Karena masih banyak undecided voters dan simpatisan partai non koalisi yang mendukung Ganjar-Mahfud. Jatim adalah barometer kemenangan sehingga kami tidak boleh terlena dan tetap bergerak maju," pungkas Caleg PDI Perjuangan nomor urut 3 Dapil Jatim 1 ini.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan PDIP, PKB, dan Partai Gerindra jadi tiga partai dengan elektabilitas paling tinggi untuk Pemilu 2024 di Jawa Timur.

"PDIP 22,5 persen, diikuti oleh PKB 19,5 persen, dan Gerindra 16,9 persen," ucap Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Partai Golkar dan Partai Demokrat menyusul di posisi ketiga dan keempat, masing-masing dengan elektabilitas 7,2 persen dan 4,6 persen, sementara parpol lainnya berada di bawah 4 persen. Masih ada 16,4 persen responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Sementara untuk Pilpres, Capres-Cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di urutan pertama dengan elektabilitas 46,7 persen. Ganjar-Mahfud menyusul dengan elektabilitas 26,6 persen. Sementara Anies-Muhaimin tertinggal di posisi ketiga dengan 16,2 persen. Sisanya, ada 10,4 responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga : Airlangga Happy Inflasi RI Lebih Rendah Dari Negara Maju

Djayadi mengingatkan, cukup banyak responden yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab top of mind Capres pilihan mereka, yaitu 19,9 persen. Sehingga, posisinya ini amat mungkin berubah.

Survei LSI dilakukan pada 16 sampai 28 Desember 2023. Populasi survei adalah seluruh WNI di Jawa Timur yang punya hak pilih dan total sampel secara keseluruhan adalah 8.800 responden.

Terhadap responden terpilih, dilakukan wawancara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Toleransi kesalahan atau margin of error di kisaran 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi stratified random sampling.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.