Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil III Provinsi Jawa Timur

Goyangan Caleg Artis Susah Rebut Kursi Incumbent

Jumat, 28 Desember 2018 11:31 WIB
Lucky Perdana (kiri) caleg dari  Partai Nasdem, Nihayatul Wafiroh (tengah) caleg dari PKB dan Ganis Pratiwi Rumpoko (kanan) caleg dari PDI Perjuangan.
Lucky Perdana (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Nihayatul Wafiroh (tengah) caleg dari PKB dan Ganis Pratiwi Rumpoko (kanan) caleg dari PDI Perjuangan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Tensi Daerah Pemilihan (Dapil) III Jawa Timur (Jatim) tidak sepanas dapil daerah lain. Sebab, tidak banyak politisi mentereng di dapil ini. Petahana bisa bakal menang dengan mudah. Caleg artis tidak bisa goyang kursi incumbent.

Berdasarkan data KPU, Dapil III Jatim hanya diikuti 95 caleg saja. Alokasi kursinya jugatidak banyak, cuma tujuh kursi. Dari total caleg di dapil dengan cakupan Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo ini, nama politisi berkaliber nasional tidak sebanyak dapil lain di Jawa Timur. Paling dikenal publik hanyalah petahana, caleg artis dan beberapa anak politisi. Itu pun butuh kejelian untuk mengetahuinya.

Baca juga : Penyanyi Keroncong & Musisi Pop Rock Ikut Meramaikan

Dari PKB, nama petahana muncul adalah Nihayatul Wafiroh dan Nasim Khan. Saat ini, Nihayatul adalah Wakil Ketua Komisi II DPR dijagokan di nomor urut 1. Sementara, Nasim Khan adalah anggota Komisi VI DPR dapat nomor urut 2.

Partai Gerindra juga menurunkan petahana, Sumail Abdullah. Dia saat ini duduk di Komisi XI DPR. Komposisi caleg Partai Golkar juga kurang mencolok. Beringin memilih main aman dengan menurunkan kembali petahana Hardisoesilo. Menemani Hardi adalah Gesang Budiarso. Dia adalah mantan Sekretaris DPD I Golkar Jatim sebelum digantikan Sahat Tua Simanjuntak.

Baca juga : Tiga Eks Menteri, Petahana & Mantan Petinju Adu Kuat

Partai Demokrat melakukan hal sama. Mereka menurunkan kembali petahana Azam Azman Natawijaya. Justru, komposisi Partai Nasdem lebih menarik. Mereka bermanuver dengan menurunkan dua selebritis sekaligus. Yakni Lucky Perdana dan Yuli Anita.

Nama Lucky jelas tidak asing lagi di telinga publik, khususnya kaum hawa. Nama dan wajahnya sering mewarnai sinetron layar kaca. Di layar lebar, dia juga dikenal sebagai pemeran Teuku Fadhil dalam film ‘ Ketika Cinta Bertasbih.’
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.