Dark/Light Mode

Obor Api Perjuangan Tiba

Rakernas V PDIP Dimulai

Jumat, 24 Mei 2024 07:30 WIB
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan(PDIP) Hasto Kristiyanto(tengah) bersama ratusankader dan simpatisanPDIP membawa Obor Api PerjuanganNan Tak KunjungPadam menuju Arena RakernasV Partai PDIP di kawasan Kemayoran,Jakarta, Kamis (23/5/2024). (Foto: AMA/RM)
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan(PDIP) Hasto Kristiyanto(tengah) bersama ratusankader dan simpatisanPDIP membawa Obor Api PerjuanganNan Tak KunjungPadam menuju Arena RakernasV Partai PDIP di kawasan Kemayoran,Jakarta, Kamis (23/5/2024). (Foto: AMA/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) hari ini memulai Rapat Kerja Nasional(Rakernas) V yang digelar maraton hingga 26 Mei 2024, di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Sebagai simbol hajatan, rombongan pembawa Obor Api Perjuangan dari Mrapen, Jawa Tengah,tiba di arena Rakernas yang dihadiri ribuan kader Banteng.

“Kita tidak pernah mengenal kata capek selama perjuangan itu ditujukan untuk bangsa dan negara Indonesia. Dan untuk itulah PDI Perjuangan melalui Rakernas ke-V ini,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, di arena Rakernas PDIP di Ancol, Jakarta, kemarin.

Diketahui, rombongan pemba­wa Obor Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam berlari memba­wa api abadi dari Mrapen, Jawa Tengah pada 17 Mei 2024 tiba di kawasan Kemayoran, Jakarta, Pukul 16.30 WIB. Mereka, ber­lari melintasi 20 Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta dengan menempuh jarak 526 km.

Rombongan ini, disambut Hasto didampingi Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen, Ketua DPP Wiryanti Sukamdani, Anggota DPR dari Fraksi PDIP Kris Dayanti dan Putra Nababan. Lalu, Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) Hendrar Prihadi dan Ketua Umum Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), Wanto Sugito.

Baca juga : Pemerintah Kantongi Cuan 1,5 T Dari WWF

Perwakilan rombongan pem­bawa Obor Api Perjuangan menyerahkan kepada Hendrar Prihadi sebagai simbol telah tiba di Jakarta. Kemudian, Sekjen Hasto ikut terlihat memegang Obor Api Perjuangan memimpin rombongan menuju arena Rakernas.

Setibanya di arena, Hasto mengatakan, pihaknya tak mengenal kata lelah jika berjuang untuk bangsa dan negara Indonesia. Sekalipun, bangsa ini diang­gap telah menghadapi kegela­pan demokrasi akibat sisi gelap kekuasaan.

“Maka kami menyalakan semangat dengan berdasarkan kepada semangat berdiri di atas kaki sendiri,” kata Hasto.

Politisi asal Yogyakarta ini menuturkan, lari bukan hanya menyehatkan jiwa dan raga semata. Namun, dari olahraga tersebut seseorang bisa menga­lahkan dirinya sendiri, menga­lahkan ambisi kekuasaan, hingga mengalahkan berbagai godaan gemerlapnya kekuasaan. “Dan berlari ini kita berdikari karena kita tidak mungkin meminjamkaki orang lain, tetapi kita menggunakan kaki kita dengan se­mangat kita saudara-saudara sekalian,” tutur Hasto.

Baca juga : Hati-hati, Mahasiswa Bisa Terjerat Utang

Hasto ikut berlari 6 kilometer dengan menyambut di Kemayoran dan berlari bersama ke arena Rakernas V di Ancol. Saat berlari, Hasto merasakan semangat para pelari itu untuk ke­majuan partainya dan bangsa ini.

“Untuk itu, api itulah yang harus kita nyalakan, meskipun kita menghadapi tantangan yang tidak mudah. Tetapi, kita diajar­kan Proklamator bapak bangsa kita Bung Karno, bahwa api perjuangan PDIP tidak pernah padam ketika rakyat akar rumput bersatu bersama kita saudara-saudara sekalian,” semangatnya.

Dia berharap, apa yang di­lakukan PDIP ini bisa meng­gelorakan semangat sportivitas, di mana politik harus belajar dari dari olahraga. “Politik harus be­lajar dari olahraga, politik sering diwarnai oleh ambisi kekuasaan, politik sering diwarnai oleh jalan pintas. Olahraga tidak mengenal jalan pintas tidak mengenal politik karbitan saudara-saudara sekalian,” ungkapnya.

Sebagai informasi, DPP PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V Partai yang digelar pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Adapun Rakernas ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengab sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Baca juga : PDIP-Bobby Akhirnya Beneran Pisah Jalan

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 24 Mei 2024 dengan judul Obor Api Perjuangan Tiba, Rakernas V PDIP Dimulai

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.