Dark/Light Mode

Peserta Rapimnas Mayoritas Dukung Airlangga

Jumat, 15 November 2019 18:58 WIB
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hampir mayoritas DPD 1 Partai Gokar dalam Rapimnas Partai Golkar mendukung Airlangga Hartarto menjadi Ketum lagi periode 2019-2024. Hal itu disampaikan dalam pandangan umum oleh masing-masing perwakilan DPD 1. 

Hingga berita ini turun sudah 19 DPD dan 3 organisasi karya mendukung Airlangga Hartarto. 

Bahkan beberapa DPD 1 secara tegas meminta agar dalam Munas mendatang dapat membuat keputusan berdasarkan musyawarah mufakat untuk memilih kembali Airlangga Hartarto. 

Baca juga : Pariwisata Dapat Bersinar Jika Didukung Banyak Pihak

“DPD DKI Jakarta mendukung penuh pada Airlangga Hartarto untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode 2019-2024. DPD 1 DKI Jakarta  juga memohon kepada DPP Partai Golkar dan para pimpinan untuk mengutamakan musyawarah mufakat dalam munas mendatang,” ujar Sekretaris DPD DKI Jakarta, Basri Baco yang membacakan pandangan umumnya di Rapimnas Partai Golkar di Hotel Ritz Charlton.

Dukungan sama juga muncul dari DPD 1 Bengkulu. Dalam pandangan umumnya, DPD Bengkulu menyebut jika Golkar selama ini telah memperoleh kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah karena kepemimpinan Airlangga. Bengkulu juga mengusulkan agar Golkar tetap solid dan memiliki kesamaan visi dalam Pilkada 2020 meminta agar Musda Golkar mendatang digelar setelah Pilkada atau Oktober 2020.

Bengkulu juga memohon agar Munas nanti digelar sesuai budaya demokrasi di Indonesia yang lebih mengutamakan musyawarah mufakat. Pandangan Bengkulu ini juga sama dengan yang disampaikan oleh DPD NTT, Jawa Barat, Sumut, Riau, Sulut, dan Kalimantan Selatan serta Jawa Timur. 

Baca juga : Laga Uji Coba, Timnas Putri Tekuk Sri Lanka 3-0

Bahkan Sekretaris DPD 1 Jatim, Sahat Simanjuntak mengatakan, keberhasilan Airlangga dalam memimpin Golkar diibaratkan seorang pilot piawai yang mengemudikan pesawat di tengah turbulensi. “Jika pilotnya tidak piawai pesawat bisa jatuh. Jika Airlangga tak piawai Golkar bisa runtuh. Namun berkat gaya kepemimpinan Airlangga yang cool serta less talking dan less speaking Golkar bisa selamat,” kata Sahat.

Menurut dia, keberhasilan Golkar menduduki ranking 2 dalam perolehan kursi di DPR berkat kepemimpinan Airlangga yang sukses. “Termasuk membawa Golkar Jatim menambah perolehan kursi di DPRD Jatim dari sebelumnya 12 kursi menjadi 13 kursi,” ungkap Sahat.

Terlebih keberhasilan Airlangga dan Golkar dalam mendukung Presiden Jokowi untuk kembali menduduki jabatan presiden periode kedua. 

Baca juga : KPK Tahan Mantan Ketua DPRD Tulungagung

Tak cuma DPD 1 yang mendukung Airlangga, berbagai organisasi sayap Golkar, seperti Himpunan Wanita Karya (HWK) juga mendukung Airlangga kembali memimpin Golkar. Tentunya mereka juga berharap Airlangga bisa kembali dipilih dalam munas yang berlangsung secara musyawarah mufakat. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.