Dark/Light Mode

Di Rakernas Dan HUT Ke-47 PDIP

Kader Banteng Bakal Digembleng Semangat Bangun Haluan Negara

Minggu, 22 Desember 2019 08:05 WIB
BERI PEMAPARAN: Sekjen PDIP  Hasto Kristiyanto memberikan pemaparan jelang HUT Ke-47 PDIP, Rakernas I dan Refleksi  Akhir  Tahun di Kantor DPP PDIP, Jakarta, kemarin. PDIP  akan menyelenggarakan Rakernas I sekaligus HUT  Ke-47 pada 10-12 Januari 2020 bertema ‘Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional’. PUTU  WAHYU  RAMA/RAKYAT MERDEKA
BERI PEMAPARAN: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan pemaparan jelang HUT Ke-47 PDIP, Rakernas I dan Refleksi Akhir Tahun di Kantor DPP PDIP, Jakarta, kemarin. PDIP akan menyelenggarakan Rakernas I sekaligus HUT Ke-47 pada 10-12 Januari 2020 bertema ‘Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional’. PUTU WAHYU RAMA/RAKYAT MERDEKA

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-47. Salah satu agendanya, mendorong para kader mewujudkan semangat haluan negara.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, kemarin. Menurutnya, hal ini berkaca pada pesta demokrasi yang di warnai macam keterbelahan tapi tetap menjaga kedaulatan demokrasi itu sendiri.

“Prinsip kedaulatan rakyat bekerja dengan baik dan men jadi benteng utama demokrasi. Seluruh rakyat Indonesia paham bagaimana pemilu saat itu ber langsung begitu kompleks dan diwarnai ujaran kebencian, fitnah, hoaks yang nyaris merobek persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Namun, kata Hasto, di tengah ujian demokrasi tersebut, rakyat mampu hadir sebagai penjaga demokrasi. “Rakyat Indonesia terbukti digerakkan oleh hati nurani, dan tidak terseret oleh ujaran kebencian yang berlang sung secara masif,” katanya.

Baca juga : Rakernas PDIP Bahas Semangat Berdikari

Sebagai partai pemenang pemilu, Hasto menyatakan PDIP mempunyai tanggung jawab menjaga ke percayaan masyarakat. Salah satunya tetap me lakukan konsolidasi kepada seluruh kader dalam menun jang program dan sumber daya. Sehingga tujuan menciptakan kemajuan Indonesia dengan haluan negara bisa tercapai.

“Haluan negara memuat arah pembangunan negara, suatu overall planning yang bertopang pada riset, inovasi dan pengua saan teknologi yang paling tepat untuk mengolah seluruh sumber daya nasional. Haluan negara juga mengandung roadmap bagaimana Indonesia berdikari khususnya di bidang pangan, obatobatan, energi ramah lingkungan, dan mampu mendayagunakan seluruh kekayaan florafauna dalam keseimbangan den gan lingkungan hidup agar tetap asri dan sehat bagi kehidupan,” tuturnya.

Pihaknya juga mendorong kebijakan industri baik kimia dasar, petrochemical, manufakturing peralatan industri dan juga industri oleokimia, dan lain-lain yang membentuk konsolidasi industri huluhilir.

“Industri Methanol misalnya, sangat realistik untuk diperkuat Pabrik pupuk bisa melakukan diversifiksi karena kemampuannya di dalam rancang bangun dan juga sebagai upaya mengu rangi defisit neraca perdagangan. Dalam industri obatobatan, dan pangan, termasuk pengelolaan kekayaan laut, peluang In donesia juga sangat besar” ungkap Hasto.

Baca juga : Dompet Dhuafa Bantu Pemerintah Tangani Bencana

Menurut dia, dalam Rakernas dan HUT juga akan membahas halhal strategis terkait masa depan bangsa dan negara.

“Kita kedepankan mental berdikari, semangat juang, dan energi po sitif bagi kemajuan bangsa” tutupnya.

Sementara, politikus PDIP Aria Bima mengatakan, para kader di Rakernas dan HUT nanti juga akan diisi dengan semangat berbudaya. Walaupun PDIP kini berada di tingkat kekuasaan yang selalu berhubungan dengan Politik, tapi kebudayaan juga harus dikedepankan.

Dalam kebudayaan memang tidak bisa dipisahkan antara politik dan kebudayaan. Ini adalah dua sisi saling menguatkan. Karena dengan jalan kebudayaan, akan muncul berbagai hal. Kita lihat local wisdom dan local jenius,” kata aria, kemarin.

Baca juga : Menteri Tito Bakal Ambil Tindakan Keras dan Tegas

Selain itu, penguatan Pancasila juga akan dikedepankan dalam menjawab permasalahan di masyarakat. Aria ingin kebudayaan melalui penguatan ideologi Pancasila juga bisa menumbuh kan semangat nasionalisme menjadi sumber daya yang memiliki daya saing.

“Sejalan tentang bonus de mografi untuk kita berdayakan, untuk kita empowering menjadi bangunan konteks bangsa dan berdaya saing,” tutupnya. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.